HUBUNGAN POLA PERILAKU DALAM PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF LURING TERBATAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI GAGASAN POKOK SISWA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI KOTA SEMARANG
Fauzan Nafis Firdaus, 1401418277 (2022) HUBUNGAN POLA PERILAKU DALAM PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF LURING TERBATAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI GAGASAN POKOK SISWA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pola perilaku menjadi sebuah dasar pemicu naik turunnya motivasi siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Konsep pembelajaran motivasi sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan. Pola perilaku dan motivasi belajar dalam diri siswa yang tinggi, akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi diketahui bahwa pola perilaku dan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Gugus Srikandi Kota semarang cukup memuaskan, serta hasil belajar Bahasa Indonesia juga baik. Tujuan penelitian ini guna menguji hubungan pola perilaku siswa terhadap hasil belajar; menguji hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar kompetensi gagasan pokok; menguji hubungan pola perilaku siswa dan motivasi belajar secara bersamaan terhadap hasil belajar kompetensi gagasan pokok. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sejumlah 110 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji regresi linear sederhana, dan uji regresi linear ganda. Ada tiga hasil penelitian hubungan yang positif dan signifikan antara pola perilaku dengan hasil belajar kompetensi gagasan pokok diperoleh nilai koefisien korelasi 0,706 dalam kriteria kuat; ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kompetensi gagasan pokok diperoleh nilai koefisien korelasi 0,385 dalam kriteria rendah; ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola perilaku dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar kompetensi gagasan pokok diperoleh nilai koefisien korelasi 0,738 dalam kriteria kuat. Simpulan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan yang yang teruji secara korelasional antara pola perilaku dengan hasil belajar kompetensi gagasan pokok; ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kompetensi gagasan pokok; ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola perilaku dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajara kompetensi gagasan pokok. Saran bagi guru hendaknya dapat meningkatkan atau menumbuhkan pola perilaku siswa. Siswa hendaknya mampu meningkatkan motivasi belajar terutama tekun dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola perilaku, motivasi belajar, hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 01:03 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 01:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55085 |
Actions (login required)
View Item |