PENGEMBANGAN MULTIMEDIA OF VARIETY CULTURE (MOVC) BERBASIS MAKROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PPKn KELAS IV SDN KAIBON KABUPATEN KEBUMEN


Rizki Amalia, 1401418273 (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA OF VARIETY CULTURE (MOVC) BERBASIS MAKROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PPKn KELAS IV SDN KAIBON KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418273 - Rizki Amalia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan, data hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn kelas IV SDN Kaibon Kabupaten Kebumen masih rendah karena belum adanya inovasi media pembelajaran, guru hanya menggunakan media visual berupa poster dan gambar yang ada di buku siswa tanpa ada inovasi media lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Multimedia of Variety Culture (MoVC) berbasis makromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran PPKn Kelas IV SDN Kaibon Kabupaten Kebumen, menguji kelayakan Multimedia of Variety Culture (MoVC) berbasis makromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran PPKn Kelas IV SDN Kaibon Kabupaten Kebumen, dan menguji keefektifan Multimedia of Variety Culture (MoVC) berbasis makromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran PPKn Kelas IV SDN Kaibon Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Prosedur penelitian yang dilakukan peneliti meliputi: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Produk; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian. Populasi penelitian ini adalah SDN Kaibon, sedangkan sample penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Kaibon yang berjumlah 27 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji t-test dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Multimedia of Variety Culture (MoVC) berbasis makromedia flash berhasil dikembangkan dengan analisis data produk, sangat layak digunakan, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa, yang dinyatakan dari penilaian ahli media dengan persentase 100%, dan ahli materi 93%. Perolehan nilai signifikansi untuk pengujian t-test yaitu 0,000, yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 0,45 yang termasuk kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah Multimedia of Variety Culture (MoVC) berbasis makromedia flash sangat layak dan efektif digunakan pada muatan pelajaran PPKn materi keberagaman rumah adat. Saran penelitian ini yaitu media pembelajaran Multimedia of Variety Culture berbasis makromedia flash ini masih terbatas pada materi keberagaman rumah adat saja, sehingga dapat dikembangkan lebih luas lagi pada materi dan muatan pelajaran lainnya, media ini juga dapat dimanfaatkan sebagai strategi untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; hasil belajar; PPKn; makromedia flash
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:59
Last Modified: 16 Jan 2023 00:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55084

Actions (login required)

View Item View Item