PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN CALISTUNG SISWA KELAS II SD IHSANIYAH 1 KOTA TEGAL


Muhammad Hanif Nur Faizi, 1401418261 (2022) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN CALISTUNG SISWA KELAS II SD IHSANIYAH 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418261 - Muhammad Hanif Nur Faizi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran calistung siswa kelas II, kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas II, serta upaya yang dilakukan guru kelas II dalam mengatasi kesulitan belajar calistung siswa kelas II SD Ihsaniyah 1 Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekripstif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan studi langsung ke lapangan terhadap beberapa subjek yaitu guru, sedangkan informannya adalah siswa kelas II dan kepala sekolah. Objek pada penelitian ini adalah situasi peran guru pada pembelajaran calistung siswa kelas II di SD Ihsaniyah 1 Kota Tegal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta didukung oleh angket. Observasi dilakukan dengan pengamatan secara langsung di sekolah pada saat proses pembelajaran. Sementara wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, guru kelas II, dan siswa kelas II. Dokumetasi baik foto maupun data tentang kegiatan siswasiswi kelas II ketika disekolah serta profil sekolah diperoleh dari kepala sekolah, guru kelas II, dan hasil pengamatan peneliti. Serta angket diisi oleh guru kelas II. Hasil penelitian menunjukkan (1) kesulitan yang dialami siswa diantaranya adalah siswa kesulitan dalam mengenal dan membedakan huruf, membaca masih terbata-bata dan mengucap kata masih ragu, serta kesulitan dalam membedakan simbol-simbol matematika (+, -, x, :), dan Siswa masih kesulitan dengan soal hitung-hitungan; (2) penyebab siswa mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran calistung ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mengandung unsur fisiologis yang membuat anak mengalami kesulitan belajar dan faktor eksternal antaralain; orangtua, teman, dan lingkungan; (3) upaya yang dilakukan guru kelas II dalam mengatasi kesulitan calistung adalah dengan memberikan les tambahan, dan pemberian reward atau penghargaan. Saran dari hasil penelitian ini adalah, guru diharapkan mampu untuk mengembangkan strategi pembelajaran sehingga kesulitan belajar calistung siswa dapat teratasi dengan optimal. Pihak sekolah juga diharapkan untuk dapat memfasilitasi guru dalam menunjang pembelajaran calistung di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Calistung, Kesulitan Belajar, Peran Guru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 06:02
Last Modified: 13 Jan 2023 06:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55081

Actions (login required)

View Item View Item