ANALISIS MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MEMBATIK SISWA KELAS V SD NEGERI KANDANG PANJANG 10 KOTA PEKALONGAN


IFMA LABAQOTUL HUSNA, 1401418257 (2022) ANALISIS MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MEMBATIK SISWA KELAS V SD NEGERI KANDANG PANJANG 10 KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418257 - Ifma Labaqotul Husna.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran menulis teks eksplanasi telah dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disediakan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, namun dalam pembelajaran siswa kurang mampu dalam memahami struktur penulisan teks eksplanasi, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide ke dalam bentuk tulisan . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis kearifan lokal, meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi berbasis kearifan lokal membatik serta evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis kearifan lokal membatik siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengambilan data primer dilakukan melalui wawancara dan observasi sedangkan pengambilan data sekunder diambil dari dokumentasi terkait pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan berbasis kearifan lokal serta hasil catatan lapangan yang didapatkan. Peneliti melakukan wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas V dan siswa kelas V. Analisis data dilakukan sebelum dan sesudah di lapangan. Adapun sebelum di lapangan dilakukan dengan melakukan pra penelitian, sedangkan setelah di lapangan analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebagai berikut: (1) pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis kearifan lokal telah dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran dan tujuan pembelajaran (2) kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi berbasis kearifan lokal sudah baik dan bisa dilihat pada capaian siswa dalam hasil menulis teks eksplanasi (3) evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran menulis teks eksplanasi yaitu guru dapat mengetahui peningkatam atau penurunan akademik siswa dan mengukur sejauh mana siswa dapat menerima pelajaran dengan baik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis kearifan lokal membatik mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat menambah pengetahuan serta wawasan di luar sekolah sehingga siswa mampu melestarikan budaya masing-masing , peneliti memberikan saran kepada guru bahasa Indonesia. Guru diharapkan mampu mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan menulisnya karena kemampuan menulis yang kuat secara tidak langsung akan berdampak pada kualitas tulisan yang dihasilkan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kearifan lokal, membatik, menulis teks eksplanasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 05:47
Last Modified: 13 Jan 2023 05:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55079

Actions (login required)

View Item View Item