KEEFEKTIFAN STRATEGI EDUTAINMENT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI SUTOPATI 2 KABUPATEN MAGELANG


Bayu Widodo, 1401418251 (2022) KEEFEKTIFAN STRATEGI EDUTAINMENT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI SUTOPATI 2 KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418251 - Bayu Widodo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru yang dilakukan di kelas IV SDN Sutopati 2 Kabupaten Magelang di dapat bahwa minat belajar siswa masih rendah serta hasil belajar Bahasa Indonesias kurang maksimal dikarenakan metode yang digunakan guru belum optimal, pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi dibimbing oleh guru, sehingga perlu adanya perlakuan yaitu dengan penerapan strategi edutainment, karena strategi tersebut bersifat menghibur dan membantu dalam mengatasi kejenuhan dan kepasifan siswa dalam belajar serta memberi pengalaman belajar yang bermakna, terkhusus pengajaran yang menggunakan interaksi yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan strategi pembelajaran edutainment terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sutopati 2 Kabupaten Magelang berjumlah 56 dan menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sampel dengan teknik sampling jenuh. Kelas IV (A) berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV (B) berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Tes berupa hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda dan nontes berupa angket minat, pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas. Analisis akhir atau pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample (T-Test) dan N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan minat belajar di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol dibuktikan dengan perhitungan N-Gain pada kelas eksperimen yaitu 0,76 % pada kategori tinggi dan dikelas kotrol yaitu 0,68 pada kategori sedang. Terdapat perbedaan selisih rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol yang dibuktikan dengan nilai N-Gain terhadap hasil belajar kelas eksperimen yaitu 63,60 % pada kategori cukup efektif, dan di kelas kontrol yaitu 50,03 % pada kategori kurang efektif. Simpulan penelitian ini adalah strategi edutainment efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Sutopati 2 Kabupaten Magelang. Saran yang diberikan adalah strategi edutainment dapat dijadikan sebagai strategi pilihan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi edutainment, minat belajar, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 05:37
Last Modified: 13 Jan 2023 05:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55077

Actions (login required)

View Item View Item