HUBUNGAN ANTARA LITERASI MEMBACA DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI
Damar Jati Nugrahantoro, 1401418248 (2022) HUBUNGAN ANTARA LITERASI MEMBACA DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan pra penelitian melalui observasi dan wawancara, terdapat permasalahan pada siswa kelas V SDN Gugus Gajah Mada Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri yaitu kegiatan literasi membaca belum sepenuhnya dilaksanakan secara optimal sehingga membuat kurangnya minat baca siswa yang berdampak pada kurangnya hasil belajar Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) menguji hubungan antara literasi membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gugus Gajah Mada Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri, (2) menguji hubungan antara minat baca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gugus Gajah Mada Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri, (3) menguji hubungan antara literasi membaca dan minat baca dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gugus Gajah Mada Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 105 siswa kelas V SDN Gugus Gajah yang diperolah dari teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji instrumen melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Sebelum melakukan analisis hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Setelah data memenuhi uji prasyarat, selanjutnya data dianalisis dengan statistik deskriptif, korelasi sederhana (product moment), korelasi ganda, regresi linier sederhana, dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara literasi membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia dengan rhitung = 0,635 (kategori kuat) dan kontribusi sebesar 40,3%; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara minat baca dan hasil belajar bahasa Indonesia dengan rhitung = 0,667 (kategori kuat) dan kontribusi sebesar 44,5%; (3) ada hubungan positif dan signifikan literasi membaca dan minat baca secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Indonesia dengan rhitung = 0,732 (kategori kuat) dan kontribusi sebesar 53,7%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan literasi membaca dan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gugus Gajah Mada Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri. Adapun saran penelitian ini adalah guru lebih mengoptimalkan kegiatan literasi membaca di sekolah dasar supaya minat baca siswa semakin meningkat sehingga akan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar bahasa Indonesia, literasi membaca, minat baca |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 05:28 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 05:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55076 |
Actions (login required)
View Item |