PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF EKOSISTEM DAN JARING-JARING MAKANAN (EJAR) BERBASIS LOCAL WISDOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KANDANGAN 04 KABUPATEN SEMARANG


Lailatul Mukaromah, 1401418247 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF EKOSISTEM DAN JARING-JARING MAKANAN (EJAR) BERBASIS LOCAL WISDOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KANDANGAN 04 KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418247 - Lailatul Mukaromah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian didasarkan pada observasi, wawancara, serta dokumentasi yang dilakukan di SD Negeri Kandangan 04, Kelurahan Kandangan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Hasil menunjukkan minimnya penggunaan media pembelajaran pada muatan pelajaran IPA mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA masih rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain media, menguji kelayakan, serta menguji keefektifan media pembelajaran interaktif ekosistem dan jaring-jaring makanan (ejar) berbasis local wisdom terhadap hasil belajar IPA. Jenis Penelitian ini Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan model Borg & Gall yang hanya diambil 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Kandangan 04 berjumlah 6 siswa pada uji coba pemakaian dan SD Negeri Kandangan 04 berjumlah 30 siswa pada uji coba produk. Teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pilihan ganda, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Variabel dalam penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif ekosistem dan jaring-jaring makanan (ejar) berbasis local wisdom dan hasil belajar IPA kelas V. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pembelajaran interaktif ekosistem dan jaring-jaring makanan (ejar) berbasis local wisdom sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan 89% oleh ahli materi dan 96% oleh ahli media. Sementara itu, keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif ekosistem dan jaring-jaring makanan (ejar) berbasis local wisdom pada kegiatan pembelajaran dinyatakan efektif berdasarkan hasil uji paired sampel t test diperoleh thitung sebesar -59 ≤ nilai −ttabel sebesar -1,699 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Sementara peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan uji n-gain diperoleh sebesar 0,7286 dengan kategori tinggi. Simpulan penelitian adalah media pembelajaran interaktif ekosistem dan jaringjaring makanan (ejar) berbasis local wisdom sangat layak dan efektif sebagai media pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Kandangan 04 Kabupaten Semarang. Saran agar media pembelajaran interaktif ekosistem dan jaring-jaring makanan (ejar) berbasis local wisdom dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk mengefektifkan kegiatan pembelajaran dan selanjutnya diharapkan terdapat penelitian lanjutan terkait pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis local wisdom pada muatan pelajaran lainnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif; IPA ; local wisdom; pengembangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 05:02
Last Modified: 13 Jan 2023 05:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55075

Actions (login required)

View Item View Item