PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS IV SDN TAMBAKAJI 05 SEMARANG
Titisan Sukma Larasati, 1401418246 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS IV SDN TAMBAKAJI 05 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Tambakaji 05 Semarang terdapat permasalahan dalam pembelajaran PPKn terkait penggunaan media pembelajaran yang terbatas, kurang inovatif dan hasil belajar muatan PPKn yang rendah. Tujuan Penelitian ini antara lain: 1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn Kelas IV SDN Tambakaji 05 Semarang, 2) Menguji Kelayakan Media pembelajaran Interaktif Articulate Storyline untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn kelas IV SDN Tambakaji 05 Semarang, 3) Menguji keefektifan media pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Storyline untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn kelas IV SDN Tambakaji 05 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). model yang digunakan Borg dan Gall dengan 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian, Revisi Produk dan Produksi masal, peneliti hanya menggunakan 8 langkah saja dikarenakan keterbatasan biaya dan waktu. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tambakaji 05 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan data produk, data awal dan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline, Kelayakan media dikategorikan sangat layak digunakan dengan persentase nilai dari ahli media sebesar 97,8% dan ahli materi sebesar 88,3% dan juga mendapatkan respon positif dari guru persentase tanggapan guru sebesar 100% dan persentase tanggapan siswa sebesar 100%. Sementara keefektifan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline dinyatakan efektif berdasarkan uji t mendapatkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Sehingga H0 ditolak Ha diterima. Sementara peningkatan rata-rata (n-gain) hasil belajar siswa 0,452. Simpulan bahwa media pembelajaran Articulate Storyline pada muatan pelajaran PPKn materi hubungan simbol pada makna sila Pancasila kelas IV SDN Tambakaji 05 Semarang layak digunakan untuk meningkatkan hasi belajar siswa sehingga media dapat menjadi salah satu referensi guru dalam pembuatan media pembelajaran untuk mempermudah penyampaian materi. Saran peneliti selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline digunakan untuk materi lain dengan memperbaiki tampilan desain dan menambahkan referensi untuk memperdalam pembahasan materi dan media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Articulate Storyline; Hasil Belajar; PPKn |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 04:52 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 04:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55073 |
Actions (login required)
View Item |