IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) MELALUI TAHAP PEMBIASAAN UNTUK PENINGKATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA KELAS II SD NEGERI 3 KATEKAN


Malitha Hyas Shinta, 1401418235 (2022) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) MELALUI TAHAP PEMBIASAAN UNTUK PENINGKATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA KELAS II SD NEGERI 3 KATEKAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418235 - Malitha Hyas Shinta.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di Indonesia diharapkan mampu melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas, baik dari segi ilmu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Upaya pemerintah untuk memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu dengan palaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang bertujuan untuk menumbuhkan budi pekerti melalui kegiatan pembiasaan membaca 15 menit. Pembiasaan membaca perlu ditanamkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan menemukan temuan baru terkait implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui tahap pembiasaan untuk peningkatan karakter gemar membaca siswa kelas II SD Negeri 3 Katekan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II, guru kelas II, dan kepala SD Negeri 3 Katekan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sebelum dan sesudah penelitian. Adapun analisis data sebelum penelitian dilakukan dengan melakukan pra-penelitian, sedangkan setelah penelitian menggunakan model milles and hubberman. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan tahap pembiasaan dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yaitu dengan mengadakan rapat dengan wali murid, mempersiapkan a dan prasarana, sekolah berkoordinasi dengan wali murid, dan GLS diterapkan pada semua mata pelajaran (2) bentuk karakter siswa kelas II setelah adanya implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yaitu siswa mengetahui manfaat membaca, siswa lebih fokus dan tenang, komunikasi guru dan siswa menjadi lebih baik dan siswa juga mampu bercerita mengenai isi bacaan yang sudah dibaca, (3) adanya Gerakan Literasi Sekolah (GLS) berdampak positif bagi siswa kelas II yaitu guru dan siswa sangat antusias saat kegiatan literasi, penguasaan kosa kata dan wawasan siswa semakin luas, siswa menjadi aktif, serta rasa percaya diri pada siswa semakin meningkat. Adapun solusi guru untuk meningkatkan karakter gemar membaca yaitu dengan memberikan dukungan dan fasilitas, melaksanakan pembiasaan membaca 15 menit setiap hari, dan memberikan motivasi saat akhir GLS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah; Gemar Membaca; Tahap Pembiasaan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 04:49
Last Modified: 13 Jan 2023 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55072

Actions (login required)

View Item View Item