ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN SOCIAL EMOTIONAL LEARNING (SEL) MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 1 TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA


Asrian, 1401418232 (2022) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN SOCIAL EMOTIONAL LEARNING (SEL) MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 1 TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418232 - Asrian.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Di era globalisasi, penyimpangan terkait sikap dan perilaku banyak ditemukan akibat dari tidak berkembangnya sosial dan emosional dengan baik. Chilhood to Adolescents Transition Society (CATS) tahun 2017 meneliti 1.000 siswa SD di Australia dan ditemukan 1 dari 5 siswa laki-laki mengalami masalah emosional. SDN 1 Tunjungan telah menerapkan social emotional learning (SEL) melalui pembelajaran tematik dengan berbagai strategi, namun juga ditemukan berbagai kendala, sehingga diperlukan solusi yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan sosial dan emosional yang telah dikembangkan serta strategi, kendala, dan solusi yang dilakukan guru dalam menerapkan SEL melalui pembelajaran tematik kelas V SDN 1 Tunjungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi dengan mengolah data primer hasil wawancara, observasi, dan angket. Peneliti melakukan wawancara dengan guru kelas V untuk mendapatkan data seputar strategi penerapan SEL melalui pembelajaran tematik. Selain itu, dalam penelitian ini juga mengolah data sekunder hasil dokumentasi terkait dengan strategi guru, keterampilan sosial dan emosional siswa, dan pembelajaran tematik serta catatan lapangan. Analisis data dilakukan sebelum dan sesudah dilaksanakannya penelitian di SDN 1 Tunjungan. Adapun analisis data sebelum penelitian dilakukan dengan melakukan pra penelitian, sedangkan setelah penelitian menggunakan model miles and hubberman. Hasil penelitian menunjukkan data guru kelas V SDN 1 Tunjungan melalui penerapan SEL telah mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yaitu self-awareness, social-awareness, self-management, relationship skill, dan responsible decision-making dengan pola pembiasaan, pemberian teladan, dan pembelajaran kooperatif (diskusi). Strategi yang digunakan yaitu melalui 3 tahapan, (1) perencanaan berupa penyusunan RPP, (2) pelaksanaan yang dilakukan melalui pendekatan instruksi eksplisit berupa instruksi-instruksi yang berkaitan dengan topik SEL, praktik pengajaran berupa pola pembiasaan positif dan pembelajaran kolaboratif (diskusi), dan pengintegrasian komponen dasar SEL ke dalam kurikulum akademik pembelajaran tematik, dan (3) evaluasi pembelajaran dengan mencatat sikap siswa dalam jurnal sikap. Kendala yang dihadapai guru yaitu karakter sosial emosional siswa yang beragam, tidak konsistennya perilaku siswa, waktu belajar di sekolah terbatas, dan kondisi keluarga kurang mendukung. Adapun solusi yang dilakukan guru adalah memahami karakteristik dari masing-masing siswa, melakukan pembiasaan positif secara terus-menerus, bekerjasama dengan orangtua siswa, dan memberikan bimbingan khusus

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Strategi, Pembelajaran Tematik, Social Emotional Learning (SEL)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 04:45
Last Modified: 13 Jan 2023 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55071

Actions (login required)

View Item View Item