PENGEMBANGAN MEDIA DOKANSI UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN KLASIFIKASI INFORMASI SISWA KELAS V SDN PACET REBAN BATANG


M. Yuman Hidayat, 1401418231 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA DOKANSI UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN KLASIFIKASI INFORMASI SISWA KELAS V SDN PACET REBAN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418231 - M. Yuman Hidayat.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di SDN Pacet Reban Batang terdapat permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu pada hasil belajar yang masih rendah dan media pembelajaran yang masih terbatas yaitu hanya buku guru dan buku siswa yang menyebabkan pembelajaran belum tercipta secara menarik dan menyenangkan sehingga hasil belajar belum dapat tercapai dengan maksimal, utamanya pada materi klasifikasi informasi. Maka peneliti mengembangkan media pembelajaran Dokansi (Ludo Menyelesaikan Misi). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, 1) bagaimana desain pengembangan media Dokansi; 2) kelayakan; dan 3) keefektifan media pembelajaran Dokansi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui desain penelitian pengembangan, hasil uji kelayakan oleh ahli, dan menguji keefektifan media pembelajaran Dokansi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang dalam penelitian ini hanya melakukan 8 langkah, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Pacet Reban Batang dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Dokansi, mendapat penilaian kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 81,67%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 85,93% dengan kriteria sangat layak. Media ini efektif digunakan yang dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t didapatkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga terdapat perbedaan signifikansi antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest didapatkan sebesar 0,503 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran Dokansi sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi klasifikasi informasi pada kelas V SDN Pacet Reban Batang. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran Dokansi pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam materi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Dokansi; klasifikasi informasi, hasil belajar; muatan Bahasa Indonesia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 04:41
Last Modified: 13 Jan 2023 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55069

Actions (login required)

View Item View Item