EFEKTIFITAS KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN STRATEGI READING ALOUD DENGAN MEDIA FABEL SISWA KELAS 1A SD NEGERI 3 PULOSARI KABUPATEN PEMALANG


Violan Inge Gunawan, 1401418228 (2022) EFEKTIFITAS KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN STRATEGI READING ALOUD DENGAN MEDIA FABEL SISWA KELAS 1A SD NEGERI 3 PULOSARI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418228 - Violan Inge Gunawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan membaca siswa kelas 1A SD Negeri 03 Pulosari Kabupaten Pemalang. Berdasarkan data hasil pra-penelitian di kelas 1A SD Negeri 03 Pulosari, menunjukkan permasalahan yang terjadi pada pembelajaran mapel Bahasa Indonesia bidang Keterampilan Membaca. Permasalahan tersebut dikarenakan kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang mendukung, serta strategi pembelajaran yang kurang tepat di kelas. Hal tersebut berakibat pada rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia yang diakibatkan oleh rendahnya hasil keterampilan membaca siswa. Sehingga diperlukan strategi belajar yang lebih inovatif dengan didukung media pembelajaran yang dilengkapi dengan lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca siswa kelas 1A SD Negeri 3 Pulosari Kabupaten Pemalang sebelum dan sesudah menggunakan strategi reading aloud di kelas eksperimen, dan untuk mengetahui keterampilan membaca siswa kelas 1A SD Negeri 3 Pulosari Kabupaten Pemalang sebelum dan sesudah pembelajaran yang tidak menggunakan strategi reading aloud di kelas kontrol, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan membaca siswa kelas 1A SD Negeri 3 Pulosari Kabupaten Pemalang di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimen pada 11 siswa di kelas eksperimen dan 11 siswa di kelas kontrol, untuk mencari pengaruh tertentu terhadap yang lain. Metode Eksperimen pada penelitian ini menjelaskan bagaimana Strategi Reading Aloud dengan Media Fabel dapat mempengaruhi keefektifan keterampilan membaca Siswa Kelas 1. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata peningkatan yang signifikan. Hasil belajar kognitif pada pre-test kelas eksperimen sebesar 19% dengan hasil post-test meningkat 81%. Serta data peningkatan Psikomotorik sebelum dan sesudah pembelajaran meningkat dari 0% menjadi 100%. Keterampilan membaca siswa pada kelas eksperimen dari uji NGain Score yaitu 89%>70% yang artinya penggunaan strategi reading aloud pada kelas eksperimen berada pada kategori efektif. Sedangkan pada kelas kontrol (strategi konvensional eja) hanya terjadi peningkatan sebanyak 9% pada hasil belajar kognitif dan psikomotorik. Data uji NGain Score 26%<40% (kategori sedang). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan jika penggunaan strategi reading aloud dengan media fabel efektif meningkatkan keterampilan membaca siswa Kelas 1A SD Negeri 03 Pulosari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia; Keterampilan Membaca; Media Fabel; Strategi Reading Aloud
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 04:24
Last Modified: 13 Jan 2023 04:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55068

Actions (login required)

View Item View Item