PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK EDUKATIF BERBASIS QR CODE UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI KENTONG KECAMATAN CEPU


Rian Pristiwanto, 1401418218 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK EDUKATIF BERBASIS QR CODE UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI KENTONG KECAMATAN CEPU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418218 - Rian Pristiwanto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil data yang diperoleh bahwa terdapat beberapa permasalahan yaitu rendahnya minat keterampilan membaca pemahaman, kurangnya respon aktif siswa saat pembelajaran, belum tersedia media pembelajaran yang efektif, dan siswa belum memahami kalimat dalam teks bacaan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bentuk desain penelitian pengembangan, menguji kelayakan, menguji efektifitas media pembelajaran ScrapBook berbasis QR Code untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada muatan bahasa indonesia kelas III SD Negeri Kentong. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) penelitian pengembangan dengan menggunakan model adaptasi Sugiyono yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 siswa kelas III SD Negeri Kentong, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Variable penelitian terdiri dari variabel terikat dan bebas. Variable terikat yaitu peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa, sedangkan variable bebas yaitu penggunaan media Scrapbook. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non-tes yang meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kelayakan media, analisis data awal, dan akhir (uji t dan uji N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memuat materi keterampilan membaca pemahaman. Media ScrapBook layak digunakan terbukti dari penilaian ahli materi dan ahli media, didapatkan presentase 95,3%, 94%. Media Scrapbook edukatif berbasis QR Code untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada muatan Bahasa Indonesia efektif digunakan sesuai dengan hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan, karena 0.000 < 0.05. Adapun saran guru untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada muatan Bahasa Indonesia yaitu perlu mengembangkan Scrapbook Edukatif berbasis QR Code lebih lanjut agar penggunaan media ini bisa disebarluaskan pada semua muatan pelajaran, pengembangan gambar serta tampilan Scrapbook Edukatif berbasis QR Code perlu ditambah warna dan dicetak lebih tebal lagi agar lebih menarik, dan perlu dilaksanakan cara pengenalan dan penggunaan Scrapbook Edukatif berbasis QR Code pada skala besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman; QR Code; ScrapBook Edukatif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 04:16
Last Modified: 13 Jan 2023 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55065

Actions (login required)

View Item View Item