KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD IT HARAPAN UMAT BREBES


Ikhsani Sakti Rizqiyah, 1401418209 (2022) KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD IT HARAPAN UMAT BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418209 - Ikhsani Sakti Rizqiyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran sangat berperan penting dalam proses pembelajaran karena sangat membantu dan memudahkan siswa dalam memahami suatu materi yang terkesan sulit untuk dipahami, sehingga dengan bantuan media pembelajaran mampu memberi suatu gambaran mengenai realita suatu materi yang sulit untuk dihadirkan bentuknya secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas guru dalam pemanfaatan media pada pembelajaran tematik kelas III di SD IT Harapan Umat Brebes melalui proses perencanaan, penggunaan, kendala dan evaluasi guru dalam pemanfaatan media pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data dilapangan, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut; (1) kreativitas guru dalam perencanaan media pada pembelajaran terlihat melalui perancangan RPP, menentukan media yang sesuai dengan karakteristik siswa dan ketersediaan bahan yang mudah ditemukan seperti pemanfaatan kertas karton, kertas hvs dan sticker (2) guru kelas III sudah mampu menggunakan media yang dirancangnya dengan penjelasan yang cukup mudah terutama dengan adanya variasi permainan card match dan talking stick yang mampu melibatkan konsentrasi dan partisipasi siswa dalam menggunakan media pembelajaran, serta adanya pemanfaatan media dari hasil penggabungan beberapa ide sebelumnya dengan melibatkan ketersediaan bahan-bahan yang mudah ditemukan, seperti pemanfaatan media pada materi penyajian diagram dalam bentuk media papan yang terbuat dengan memanfaatkan kertas karton yang divariasikan dengan kertas hvs berwarna dan sticker untuk digunakan siswa dalam menunjukkan data yang sesuai. Hal ini tentunya dapat lebih menarik perhatian siswa (3) kreativitas guru dalam evaluasi dengan melakukan posttest serta melakukan pembahasan terhadap latihan soal yang telah diberikan dengan melakukan penyekoran secara bersama sehingga menghasilkan kepercayaan pada peserta didik, serta evaluasi diri dengan melakukan diskusi bersama teman sejawat, (4) kendala yang dihadapi peserta didik meliputi kemampuan dalam manajemen waktu dan tenaga, pengkondisian siswa saat pembelajaran, serta terdapat kesulitan dalam proses penepempelan media pada papan. Saran peneliti ini untuk guru yaitu hendaknya dapat memanfaatkan media pada pembelajaran secara lebih variatif. Sekolah juga dapat meningkatkan motivasi terhadap para tenaga pendidiknya dalam mendukung terselenggaranya proses pemanfaatan media yang lebih kreatif sehingga lebih menjadi lebih baik. Serta penelitian ini mampu dijadikan suatu rujukan atau referensi mengenai penelitian yang relevan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Media Pembelajaran, Pembelajaran Tematik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:23
Last Modified: 13 Jan 2023 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55060

Actions (login required)

View Item View Item