KEDISIPLINAN BELAJAR PASCA PEMBELAJARAN DARING SISWA DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH RANDUALAS KECAMATAN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI


Hasnan Nur Fauzi, 1401418203 (2022) KEDISIPLINAN BELAJAR PASCA PEMBELAJARAN DARING SISWA DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH RANDUALAS KECAMATAN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418203 - Hasnan Nur Fauzi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian di MI Muhammadiyah Randualas ditemukan rendahnya kedisiplinan belajar siswa pada saat pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pasca pembelajaran daring. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya pelanggaran kedisiplinan oleh siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, mengerjakan tugas, dan menaati tata tertib sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa pasca pembelajaran daring, serta mendeskripsikan upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa pasca pembelajaran daring. Pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan data utama melalui wawancara dan observasi, sedangkan pengambilan data sekunder dilakukan dengan dokumentasi terkait kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pasca pembelajaran daring dan proses pencatatan lapangan. Peneliti melakukan wawancara dengan guru kelas V dan siswa kelas V. Analisis data dilakukan sebelum di lapangan dengan melakukan pra penelitian dan analisis data setelah di lapangan menggunakan Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Randualas dilihat dari tingkat kehadiran siswa di sekolah cukup baik namun masih terdapat beberapa pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh siswa. Semangat siswa untuk datang ke sekolah tidak diikuti dengan kesadaran untuk belajar dan mematuhi peraturan yang berlaku. Kurangnya pemantauan terhadap perkembangan disiplin belajar siswa dan tidak adanya tindak lanjut berupa sanksi dari guru menyebabkan pelanggaran kedisiplinan belajar masih tetap terjadi secara berulang di sekolah. Upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa pasca pembelajaran daring meliputi memberikan keteladanan kepada siswa, melaksanakan kebijakan sholat dhuha berjamaah dan membaca Al-Quran sebelum pembelajaran, memberi nasehat kepada siswa, serta melaksanakan tata tertib sekolah yang berlaku. Simpulan dari penelitian ini adalah upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa pasca pembelajaran daring perlu ditingkatkan secara tepat dan efektif sesuai dengan kondisi pasca pandemi agar tidak terjadi penurunan kedisiplinan belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Saran dari penelitian ini kepada guru, dan pihak sekolah adalah untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, lebih tegas dalam menyikapi masalah kedisiplinan belajar, serta ikut berperan dalam menegakkan peraturan yang telah dibuat berkaitan dengan kedisiplinan belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:09
Last Modified: 13 Jan 2023 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55057

Actions (login required)

View Item View Item