KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO BERBASIS ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS V SD NEGERI TAMBAKREJO KABUPATEN PURWOREJO
Khanif Noor Fauzi, 1401418201 (2022) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO BERBASIS ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS V SD NEGERI TAMBAKREJO KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran IPS khususnya materi kegiatan ekonomi dan jenis-jenis usaha masyarakat Indonesia yang diterapkan Sekolah Dasar masih menggunakan media pembelajaran konvensional. Penggunaan media pembelajaran konvensional mengakibatkan kurangnya motivasi belajar siswa yang berdampak kepada minat, semangat, dan antusias siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. dengan penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa cepat bosan Ketika mengikuti pembelajaran, sehingga penyampaian materi pembelajaran kurang maksimal. Dengan kurangnya motivasi belajar siswa mengakibatkan hasil belajar siswa kurang maksimal pula. Salah satu media pembelajaran yang dapat menarik minat, semangat, dan antusias siswa untuk mengikuti proses pembelajaran adalah media video berbasis animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan media pembelajaran yang efektif terhadap motivasi dan hasil belajar mupel IPS. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif eksperimen, desain penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah quasi experimental design (desain eksperimen semu). Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan peneliti yaitu nonequivalent control group design. Anggota populasi terdiri dari kelas VA berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen, jumlah seluruhnya ada 54 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar isian angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, dan lembar isian angket yang digunakan adalah lembar isian angket motivasi belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample t Test untuk menguji perbedaan dan keefektifan Media Video Berbasis Animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media video berbasisanimasi lebih efektif dari pada media konvensional pada mupel IPS materi kegiatan ekonomi dan jenis-jenis usaha masyarakat Indonesia. Hal ini berdasarkan hasil analisis motivasi dan hasil belajar, diperoleh rata-rata nilai motivasi belajar kelas kelas eksperimen sebesar 77,62 dan kelas kontrol sebesar 72,57. Sedangkan ratarata nilai hasil belajar kelas eksperimen sebesar 87,26 dan kelas kontrol sebesar 71,11. Melalui perhitungan rata-rata menunjukkan adanya perbedaan rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Disimpulkan bahwa penerapan media video berbasis animasi lebih efektif dari model konvensional pada Mupel Ips materi kegiatan ekonomi dan jenisjenis usaha masyarakat Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru hendaknya berusaha melakukan inovasi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Berbasis Animasi, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 02:59 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 02:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55056 |
Actions (login required)
View Item |