HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS MENTARI KECAMATAN KOJA JAKARTA UTARA


Intan Anggraeni Putri, 1401418190 (2022) HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS MENTARI KECAMATAN KOJA JAKARTA UTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418190 - Intan Anggraeni Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar peserta didik menjadi salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Lingkungan belajar dan status sosial ekonomi menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di SDN Gugus Mentari diketahui bahwa lingkungan belajar dirumah masih belum memadai dan status sosial ekonomi orang tua berada di tingkat menengah kebawah ditandai dengan fasilitas belajar dirumah yang kurang mendukung dan orang tua yang berusaha memenuhi kebutuhan sehari – hari selain itu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah ditandai dengan adanya siswa yang belum tuntas KKM. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara kondisi lingkungan belajar di rumah dengan hasil belajar IPS, (2) menguji hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar IPS, (3) menguji hubungan antara kondisi lingkungan belajar dirumah dan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Gugus Mentari Kecamatan Koja Jakarta Utara. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Mentari Kecamatan Koja Jakarta Utara yang berjumlah 189. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Propotional Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kondisi lingkungan belajar dirumah dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rhitung > rtabel (0,758 > 0,1848) dengan taraf signifikasi 0,05. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rhitung > rtabel (0,600 > 0,1848 dengan taraf signifikasi 0,05. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kondisi lingkungan belajar di rumah dan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rhitung > rtabel (0,767 > 0,1848) dengan taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kondisi lingkungan belajar di rumah dan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar IPS Gugus Mentari Kecamatan Koja Jakarta Utara. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya dapat bekerjasama dengan wali siswa untuk memantau proses belajar siswa saat di rumah dengan memenuhi kebutuhan belajar dan lingkungan belajar di rumah, sehingga siswa menjadi baik dan dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lingkungan belajar di rumah, status sosial ekonomi, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:13
Last Modified: 13 Jan 2023 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55053

Actions (login required)

View Item View Item