PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TAMBAKROMO KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA


Ajeng Rahmatika Agustin, 1401418182 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TAMBAKROMO KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418182 - Ajeng Rahmatika Agustin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

IPA merupakan ilmu pengetahuan yang memuat fakta berkenaan dengan gejala alam. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SD Negeri 2 Tambakromo, observasi, dan dokumentasi dapat diidentifikasi bahwa guru belum melakukan inovasi terhadap media pembelajaran yang menyebabkan motivasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual berbasis powerpoint interaktif dalam menguji kelayakan dan keefektifan media audio visual berbasis powerpoint interaktif terhadap peningkatan hasil belajar muatan pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Tambakromo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D) metode kuantitatif. R&D pada penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Sugiyono dengan langkah-langkah sebagai berikut, 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian. Hasil penelitian ini diperoleh (1) media audio visual berbasis powerpoint interaktif sangat layak untuk diterapkan dengan nilai kelayakan media 98,82% dan nilai kelayakan materi sebesar 82,35%; (2) pengujian hipotesis melalui uji t-test diperoleh hasil t thitung ≤ - ttabel atau -9,46157 ≤ -1,174, yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan pada hasil pretest dan postest; (3) hasil uji n-gain diperoleh presentase 91,66% dari keseluruhan siswa, yang berarti adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Tambakromo terhadap penggunaan media audio visual berbasis powerpoint interaktif masuk pada kriteria sedang. Simpulan pada penelitian ini yaitu, (1) media audio visual berbasis powerpoint interaktif “sangat layak” untuk diterapkan; (2) melalui uji keefektifan media, media audio visual berbasis powerpoint dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Tambakromo. Saran untuk penelitian berikutnya agar dapat mengembangkan inovasi baru pada media audio visual berbasis powerpoint interaktif dan memperluas materi IPA bagi siswa kelas 4, 5, dan 6

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audio visual, powerpoint, interaktif, media pembelajaran, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:08
Last Modified: 13 Jan 2023 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55051

Actions (login required)

View Item View Item