PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF DAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KARAKTER SOSIAL SISWA KELAS VI GUGUS WANAPATI KECAMATAN KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN


Muhammad Miftahul Qulub, 1401418165 (2022) PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF DAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KARAKTER SOSIAL SISWA KELAS VI GUGUS WANAPATI KECAMATAN KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418165 - Muhammad Miftahul Qulub.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Sekarang ini banyak perilaku orang yang menyimpang dari nilai, norma dan moral dalam masyarakat, kejadian terjadi pada generasi muda terutama pada anak usia sekolah. Penyebabnya karena kurangnya kesadaran diri masyarakat maupun kurangnya pendidikan karakter yang didapat. Karakter merupakan hal yang penting dari setiap manusia. Peran orang tua sebagai cerminan oleh anak apalagi dengan berkembangnya teknologi saat ini. Dengan demikian beberapa faktor yang mempengaruhi karakter sosial yaitu pola asuh orang tua dan juga intensitas penggunaan gadget. Penelitian ini bertujuan menguji besaran pengaruh pola asuh otoritatif dengan karakter sosial, intensitas penggunaan gadget dengan karakter sosial, dan pola asuh otoritatif bersama intensitas penggunaan gadget dengan karakter sosial siswa. Jenis penelitian ini korelasional. Populasi penelitian ini yaitu 105 siswa dan 105 orang tua siswa kelas VI SDN Gugus Wanapati Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen dengan menggunakan jenuh sehingga mengambil semua populasi menjadi sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara pra penelitian dengan guru, angket penelitian dan dokumentasi berupa data siswa dan orang tua, beserta dokumentasi kegiatan. Teknik analisis statistik yang digunakan berupa analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data, dan uji hipotesis yang meliputi analisis korelasi sederhana dan berganda dengan pearson product moment, uji signifikansi, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengaruh positif dan signifikan yang artinya semakin tinggi pola asuh otoritatif maka semakin tinggi pula karakter sosial siswa dan signifikansinya dalam kategori kuat dengan kontribusi 54,3%; (2) pengaruh negatif dan signifikan yang artinya semakin tinggi intensitas penggunaan gadget maka semakin rendah karakter sosial siswa dan signifikansinya dalam kategori rendah dengan kontribusi 4,1%: (3) pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh otoritatif dan intensitas penggunaan gadget secara bersama-sama terhadap karakter sosial siswa dalam kategori kuat dengan kontribusi 55,4%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh otoritatif dan intensitas penggunaan gadget terhadap karakter sosial siswa kelas VI SDN Gugus Wanapati Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen. Saran dalam penelitian ini yaitu orang tua harus memberikan pola asuh otoritatif dan memberikan kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi dengan memberikan pembatasan yang sesuai pada penggunaan gadget berupa pendampingan penggunaanya agar optimal dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intensitas penggunaan gadget; Karakter sosial; Pola asuh orang tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:58
Last Modified: 13 Jan 2023 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55050

Actions (login required)

View Item View Item