PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PROKLAMASI (KODIPRO) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN MANGKANG WETAN 01 KOTA SEMARANG


Mohammad Kafabi Murtajaya, 1401418163 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PROKLAMASI (KODIPRO) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN MANGKANG WETAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418163 - Mohammad Kafabi Murtajaya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Mangkang Wetan 01 terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait dengan hasil belajar yang masih rendah dan media yang digunakan masih terbatas yaitu media gambar, buku guru dan buku siswa serta belum maksimal penggunaannya dalam pembelajaran sehingga belum maksimal dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Maka peneliti mengembangkan media pembelajaran komik digital pada muatan pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran komik digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji cara mengambangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran komik digital. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang dalam penelitian ini hanya melakukan dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Mangkang Wetan 1 sejumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran komik digital, sangat layak digunakan dengan peresentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 91,67%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 94,12% dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 89,06%. Media ini juga efektif digunakan dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,46 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran komik digital sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi peristiwa disekitar proklamasi Indonesia kelas V SDN Mangkang Wetan 01. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran komik digital pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam media pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : IPS; Media Pembelajaran komik digital; Proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:55
Last Modified: 13 Jan 2023 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55047

Actions (login required)

View Item View Item