PERAN GURU DAN KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IVA SDN PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG


Taufik Tri Risqi, 1401418160 (2022) PERAN GURU DAN KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IVA SDN PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418160 - Taufik Tri Risqi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keberlangsungan hidup tidak lepas dari peran pendidikan. Pendidikan dilaksanakan pada tiga ranah, yaitu kognitif, psikomotor, serta afektif. Pendidikan dengan fokus afektif juga disebut sebagai pendidikan karakter berguna dalam penyeimbang selama perkembangan kognitif dan psikomotor pada siswa. Dalam pendidikan formal, guru dan kebijakan sekolah memiliki peran penting dalam melaksanakan pendidikan karakter sekaligus sebagai bentuk penegakan kebijakan pemerintah yaitu PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru dan Kebijakan Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas IVA SDN Purwoyoso 04 Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebelum dan sesudah di lapangan. Analisis data sebelum di lapangan dilakukan dengan melakukan pra penelitian, sedangkan analisis data setelah di lapangan menggunakan pendapat Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) guru kelas IV A SDN Purwoyoso 04 dalam PPK berperan sebagai teladan, inspirator, motivator, dinamisator, dan evaluator bagi siswa, (2) kebijakan SDN Puwroyoso 04 dalam PPK kelas IV A SDN Purwoyoso 04 dilaksanakan melalui tiga indikator, yaitu: penyusunan tata tertib sekolah, sosialisasi tata tertib sekolah, dan penegakan tata tertib sekolah (3) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) kelas IV A SDN Purwoyoso 04 dilaksanakan dengan fokus lima nilai karakter PPK yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, serta integritas. Simpulan pada penelitian ini menunjukkan: (1) guru kelas IV A SDN Purwoyoso 04 telah melaksanakan perannya dengan baik, khususnya dalam PPK; (2) sekolah telah menentukan kebijakan yang efektif terkait penerapan PPK SDN Purwoyoso 04; (3) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) SDN Purwoyoso 04 telah terlaksana dengan baik sehingga mampu membentuk karakter siswa bernilai PPK. Berdasarkan simpulan penelitian, guru serta sekolah hendaknya memperhatikan penerapan PPK melalui peran masing-masing. Selain itu, penelitian berikutnya diharapkan mampu mengembangkan serta meneliti faktor maupun peran lain terkait pendidikan karakter siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Kebijakan Sekolah; dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:46
Last Modified: 12 Jan 2023 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55044

Actions (login required)

View Item View Item