ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI KERTOHARJO 02 KOTA PEKALONGAN DALAM PEMBELAJARAN MUATAN BAHASA INDONESIA


Dini Zidna Akmala, 1401418157 (2022) ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI KERTOHARJO 02 KOTA PEKALONGAN DALAM PEMBELAJARAN MUATAN BAHASA INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418157 - Dini Zidna Akmala.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berbicara penting dikuasai siswa agar mampu mengembangkan keterampilan berpikir, membaca, menulis, dan menyimak. Keterampilan berpikir mereka akan terlatih ketika mereka mengorganisasikan, mengonsepkan, mengklarifikasikan, dan menyederhanakan pikiran, perasaan, dan ide kepada orang lain secara lisan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Responnden dari penelitian ini adalah guru kelas V dan 16 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik interaktif yang dikemukakan oleh Miles & Huberman. Keabsahan data menggunakan uji credibility, transferbility, depenability, dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterampilan berbicara siswa kelas V pada muatan pembelajaan Bahasa Indonesia di SD Negeri Kertoharjo 02 adalah masuk dalam kriteria cukup; (2) faktor penunjang keterampilan berbicara dalam pembelajaran muatan Bahasa Indonesia adalah metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran, faktor kebahasaan, dan faktor nonkebahasaan, dan faktor yang menghambat adalah faktor dalam diri siswa yaitu faktor percaya diri siswa; (3) metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran muatan Bahasa Indonesia belum efektif kemudian metode pembelajaran langsung serta metode pembelajaran bermain peran. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar sekolah melalui kebijakannya sebagai lembaga lebih memperhatikan dalam pengadaan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran untuk membantu kelancaran penggunaan metode pembelajaran, juga lebih memperhatikan kegiatan sekolah atau mengadakan program khusus untuk siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Disarankan untuk guru agar memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran itu sendiri agar tercipta suasana kelas yang menyenangkan, memotivasi siswa untuk aktif, serta menciptakan pembelajaran efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara; Bahasa Indonesia; Metode pembelajaran berbicara.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:38
Last Modified: 12 Jan 2023 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55041

Actions (login required)

View Item View Item