ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU SISWA KELAS III TEMA 2 MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN (EDISI REVISI 2018) DENGAN KURIKULUM 2013


Herawati Nur Afifah, 1401418152 (2022) ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU SISWA KELAS III TEMA 2 MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN (EDISI REVISI 2018) DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418152 - HERAWATI NUR AFIFAH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Buku siswa adalah sumber belajar utama bagi siswa. Buku ini menitikberatkan penggunaan pendekatan saintifik untuk mencapai KD pada buku guru Kurikulum 2013. Berdasarkan wawancara, guru belum menganalisis materi buku siswa secara mendetail. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesesuaian materi Buku Siswa Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan (Edisi Revisi 2018) dengan kompetensi dasar (KD) buku guru dan pendekatan saintifik. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitiannya adalah studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi, uraian rinci, dan auditing. Buku guru dan buku siswa yang digunakan pada penelitian ini ditulis oleh Yanti Kurnianingsih, Sonya Sinyanyuri, dan Lubna Assagaf. KD buku guru telah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018. Hasil penelitian yang pertama, yaitu kesesuaian materi buku siswa dengan KD buku guru berkategori sesuai. Namun, materi buku siswa masih memiliki ketidaksesuaian dengan KD pada K1-1 dan KI-2 PPKn yaitu KD 1.1, KD 1.3, KD 2.1, dan KD 2.3. Materi buku siswa juga tidak sesuai dengan KD pada KI-4 Matematika. Materi buku siswa subtema 1 pembelajaran 1 dan pembelajaran 3 tidak sesuai dengan KD 3.1 SBdP. Materi buku siswa subtema 3 pembelajaran 3 tidak sesuai dengan KD 3.1 SBdP. Materi buku siswa subtema 4 pembelajaran 2 tidak sesuai dengan KD 4.5 Bahasa Indonesia. Kedua, kesesuaian materi buku siswa dengan pendekatan saintifik berkategori sangat sesuai. Materi subtema 1 pembelajaran 5 dan subtema 4 pembelajaran 6 tidak sesuai dengan aspek mengamati pendekatan saintifik. Materi buku siswa subtema 1 pembelajaran 6 tidak sesuai dengan aspek mengumpulkan informasi. Materi buku siswa tidak tersusun secara berurutan sesuai dengan pendekatan saintifik dan tidak mengajak siswa untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber lainnya. Simpulannya adalah materi Buku Siswa Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan (Edisi Revisi 2018) sesuai dengan KD buku guru dan aspek pendekatan saintifik Kurikulum 2013, tetapi materi tersebut membutuhkan perbaikan. Guru sebaiknya menganalisis terlebih dahulu sumber belajar yang digunakan. Penulis buku teks pelajaran sebaiknya memperbaiki materi pada buku siswa tersebut. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebaiknya lebih teliti dalam menerbitkan buku teks pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis; materi buku siswa; kurikulum 2013
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:34
Last Modified: 12 Jan 2023 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55039

Actions (login required)

View Item View Item