PENGEMBANGAN MEDIA EGALARTA PADA MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS DI KELAS IV SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG
Luluk Anggrayni, 1401418150 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA EGALARTA PADA MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS DI KELAS IV SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data prapenelitian di SDN Purwoyoso 03 dapat dijelaskan bahwa terjadi kesenjangan antara kondisi ideal dengan fakta yang terjadi di lapangan. Terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait proses pembelajaran bersifat teacher center dengan pemanfaatan media yang masih terbatas sehingga hasil belajar siswa muatan pelajaran IPS relatif lebih rendah daripada muatan pelajaran lainnya. Maka peneliti mengembangkan media EGALARTA pada model problem based learning pada muatan pelajaran IPS. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media EGALARTA pada model problem based learning pada muatan IPS Kelas IV SDN Purwoyoso 03 Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan mengembangkan, mendeskripsikan hasil uji kelayakan, dan menguji keefektifan media EGALARTA pada model problem based learning pada muatan IPS Kelas IV SDN Purwoyoso 03 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang diadaptasi oleh Robert Maribe Branch menggunakan 5 langkah yaitu : (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation; (5) evaluation. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Purwoyoso 03 sebesar 56 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media EGALARTA pada model problem based learning, layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 98 %, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 92% dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 89%. Media ini juga efektif digunakan dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,65 dengan selisih rata-rata 36,77 dan termasuk dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media EGALARTA pada model problem based learning sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi peninggalan Kerajaan Hindu, Budha, dan Islam. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media EGALARTA pada model problem based learning pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media EGALARTA; Problem Based Learning; Hasil Belajar; IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 06:52 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 06:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55030 |
Actions (login required)
View Item |