PENGEMBANGAN MEDIA MIDWAY PADA MODEL NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS V SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG


Yulianto Dwi Kurniawan, 1401418148 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MIDWAY PADA MODEL NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS V SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418148 - Yulianto Dwi Kurniawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra-penelitian di SDN Purwoyoso 03 terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran IPS yang berkaitan dengan hasil belajar siswa yang masih rendah dan penggunaan media pembelajaran yang masih terbatas seperti gambar, buku siswa dan guru. Pemanfaatan media berbasis teknologi belum dikembangkan sebagai sarana untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga peneliti mengembangkan media Midway pada model Numbered Heads Together pada muatan pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media Midway pada model Numbered Heads Together. Tujuan penelitin ini adalah untuk mengkaji langkah-langkah dalam mengembangkan media, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media Midway pada model Numbered Heads Together. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (RnD). Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Dalam penelitian ini hanya dilakukan dengan 8 langkah, antara lain: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Purwoyoso 03 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media Midway pada model Numbered Heads Together, sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 100%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 91%, dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 89%. Media ini juga efektif digunakan dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan ujit diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000< 0,050 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (Ngain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah media Midway pada model Numbered Heads Together sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang kelas V SDN Purwoyoso 03. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media Midway pada model Numbered Heads Together pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Midway; Numbered Heads Together; Hasil Belajar Siswa; IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:39
Last Modified: 12 Jan 2023 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55028

Actions (login required)

View Item View Item