PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL SCRAPBOOK UNTUK PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA FIKSI SISWA KELAS IV SDN 5 JEPON


Wasiska Wahyu Wijayanti, 1401318143 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL SCRAPBOOK UNTUK PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA FIKSI SISWA KELAS IV SDN 5 JEPON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418143 - Wasiska Wahyu Wijayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari dari rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami sebuah cerita fiksi. Dari 27 siswa sebanyak 14 siswa masih memperoleh nilai dibawah KKM. Hal tersebut didasari pada penggunaan media pembelajaran yang tidak efektif dalam kegiatan pembelajaran siswa cenderung melakukan aktivitas diskusi diluar topik pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran digital scrapbook, menguji kelayakan serta keefektifan media digital scrapbook untuk membaca pemahaman cerita fiksi siswa kelas IV SDN 5 Jepon. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development yang diambil dari teori Sugiyono, dengan teknik pengambilan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil pengembangan media digital scrapbook divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Analisis data awal menggunakan uji normalitas dan analisis data akhir menggunakan uji t-test dan ngain. Pada uji skala kecil dipilih 6 siswa kelas IV dan uji skala besar berjumlah 21 siswa kelas IV di SDN 5 Jepon. Hasil penelitian menunjukan bahwa media digital scrapbook dinyatakan sangat layak untuk kegiatan pembelajaran. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh skor 86% dan ahli media memperoleh skor 96% keduanya dikategorikan sangat layak. Hasil belajar pada pretest dan post test dihitung menggunakan n-gain dan terdapat peningkatan sebesar 0,768 dengan kategori tinggi. Kemudian pada uji t-test diperoleh = 14,0451 dan = 2,024, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital scrapbook sangat efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Saran dari peneliti guru kelas lebih kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital guna mendorong peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: digital scrapbook, membaca pemahaman, cerita fiksi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:34
Last Modified: 12 Jan 2023 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55027

Actions (login required)

View Item View Item