Keefektifan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Mupel PPKn Siswa Kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Jepara


Adinda Candra Dewi, 1401418141 (2022) Keefektifan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Mupel PPKn Siswa Kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418141 - Adinda Candra Dewi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara ditemukan masalah mengenai hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran PPKn yang kurang optimal, dalam satu kelas hanya 60% siswa yang dinyatakan lolos mencapai KKM. Hal ini disebabkan karena guru yang terbiasa menerapkan model konvensional ceramah sehingga siswa cenderung bosan dan kurang antusias selama mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model CTL dibandingkan dengan model konvensional ceramah terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V di Gugus Dewi Sartika Jepara. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimen Nonequeivalent Control Group Design. Subjek penelitian berjumlah 99 siswa kelas V dengan sampel yang terdiri dari 18 siswa kelas V SDN 2 Krapyak sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas V SDN 2 Petekeyan sebagai kelas kontrol. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model CTL dengan media crossword puzzle sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PPKn siswa kelas V. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes pilihan ganda. Hasil penelitian dianalisis menggunakan data nilai tes awal (pretest), tes akhir (posttest), dan hasil observasi aktivitas siswa dan guru selama diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas V ketika menerapkan model CTL dengan media crossword puzzle yang dibuktikan dengan uji N-Gain dengan hasil rata-rata N-Gain kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang sebesar (0,6134 ) > daripada rata-rata N-Gain kelas kontrol yang termasuk dalam kategori rendah sebesar (0,2983); (2) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan melalui uji T dengan hasil T hitung 6,919 > T tabel 2,024; (3) adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Namun peningkatan aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model CTL dengan media crossword puzzle lebih efektif diterapkan daripada model konvensional ceramah terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V. Peneliti menyarankan kepada guru agar dapat menggunakan model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan antusias siswa selama mengikuti pembelajaran sehingga dapat berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa kelas V seperti contohnya melalui model pembelajaran CTL dengan media crossword puzzle

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, PPKn, model CTL, media crossword puzzle
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:03
Last Modified: 12 Jan 2023 06:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55026

Actions (login required)

View Item View Item