ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU PENUNJANG KELAS V SD/MI TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA PENERBIT PUSTAKA PERSADA


Nova Rizkiyanti, 1401418137 (2022) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU PENUNJANG KELAS V SD/MI TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA PENERBIT PUSTAKA PERSADA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418137 - Nova Rizkiyanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V sekolah dasar di Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga, menunjukkan bahwa sekolah dasar tersebut menggunakan instrumen penilaian autentik yang terdapat pada buku penunjang kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita yang diterbitkan CV Pustaka Persada. Guru menggunakan instrumen tersebut sebagai alat evaluasi hasil belajar peserta didik, tetapi tanpa melakukan analisis terlebih dahulu, sehingga kualitas instrumennya belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kualitas instrumen penilaian autentik pada buku penunjang kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita penerbit Pustaka Persada. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian yang digunakan adalah instrumen penilaian autentik pada buku penunjang tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrumen penilaian ranah pengetahuan dilakukan dengan cara menyesuaikan aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta distribusi jenjang ranah pengetahuan, sedangkan analisis instrumen penilaian ranah sikap dan keterampilan, dilakukan dengan cara menyesuaikan kriteria penelitian instrumen dan analisis distribusi jenjang ranah sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas instrumen penilaian ranah pengetahuan ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa bentuk soal pilihan ganda memiliki validitas 0,67 (tinggi), soal jawab singkat memiliki nilai validitas 0,87 (sangat tinggi), dan soal uraian memiliki nilai validitas 0,85 (sangat tinggi), serta distribusi jenjang ranah pengetahuan tidak merata; (2) Kualitas instrumen penilaian ranah sikap, ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa bentuk soal penilaian diri memiliki validitas isi 0,00 (sangat rendah), dan distribusi jenjang ranah sikap tidak merata; (3) Kualitas instrumen penilaian ranah keterampilan, ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa bentuk soal kinerja dan proyek memiliki nilai validitas isi 0,00 (sangat rendah), serta distribusi jenjang ranah keterampilan tidak merata. Penulis memberikan saran kepada guru, hendaknya melakukan analisis instrumen penilaian autentik sebelum menggunakan instrumen penilaian pada buku penunjang. Guru hendaknya memperhatikan kualitas instrumen penilaian berdasarkan kriteria penilaian ditinjau dari aspek validitas isi, terutama pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa ranah sikap dan keterampilan. Guru hendaknya memperhatikan persebaran distribusi jenjang ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Guru menggunakan hasil penelitian ini sebagai rujukan dalam menilai buku penunjang kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita penerbit Pustaka Persada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Instrumen; Kurikulum 2013; Penilaian Autentik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:21
Last Modified: 12 Jan 2023 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55024

Actions (login required)

View Item View Item