ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA EKOSISTEM EDISI REVISI 2017 DENGAN KURIKULUM 2013


Alifah Fatihatul Miahakim, 1401418135 (2022) ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA EKOSISTEM EDISI REVISI 2017 DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418135 - Alifah Fatihatul Miahakim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Buku Guru dan Buku Siswa merupakan buku pedoman pelaksanaan pembelajaran pada Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, diketahui bahwa guru belum secara menyeluruh menganalisis kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsi kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa kelas V tema ekosistem edisi revisi 2017 dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode kepustakaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisis isi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan materi pada Buku Guru dan Buku Siswa secara garis besar sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun masih memerlukan perbaikan pada beberapa aspek. Pada KD SBdP yang ada pada subtema 2 dan subtema 3 terdapat kesalahan pemetaan KD yang mengakibatkan terjadinya ketidaksesuaian materi pelajaran dengan KD SBdP sesuai dengan Permendikbud No 37 tahun 2018. Terdapat beberapa tujuan pembelajaran yang memuat unsur ABCD ganda. Seluruh kegiatan pembelajaran belum memuat kegiatan pendahuluan dan penutup secara lengkap. Penilaian pengetahuan belum termuat dan penilaian sikap juga kurang lengkap. Kesesuaian materi, keakuratan materi dan kecakupan materi sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun masih memerlukan perbaikan pada aspek kesesuaian materi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan bagi guru yaitu agar melaksanakan kegiatan analisis Buku Guru dan Buku Siswa terlebih dahulu sebelum melaksanakan pembelajaran, sehingga guru akan mengetahui kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013. Bagi penulis buku teks pelajaran, untuk dapat lebih teliti dalam pembuatan buku teks pelajaran sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penulisan buku teks pelajaran tersebut. Bagi peneliti lain, yaitu agar melaksanakan penelitian dengan lebih teliti dan rinci sehingga hasil penelitiannya dapat dijadikan sebagai bahan rujukan bagi pembacanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesesuaian; Buku Guru; Buku Siswa; Kurikulum 2013
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:15
Last Modified: 12 Jan 2023 04:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55023

Actions (login required)

View Item View Item