HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS V DI SDN GUGUS HASSANUDIN KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP


Ismiati, 1401418132 (2022) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS V DI SDN GUGUS HASSANUDIN KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418132 - Ismiati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Hassanudin Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap masih banyak yang belum memenuhi KKM. Berbagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar baik faktor eksternal maupun faktor internal, diantaranya yaitu kreativitas guru dan motivasi belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) menguji hubungan kreativitas guru dengan hasil belajar IPS; (2) menguji hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS; (3) menguji hubungan kreativitas guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar Mupel IPS siswa kelas V SDN Gugus Hassanudin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus Hassanudin sebanyak 135 siswa, dan sampel sebanyak 101 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional sampling. Variabel penelitian ini meliputi kreativitas guru, motivasi belajar, dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas guru dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,283, termasuk dalam kategori rendah serta berkontribusi sebesar 8%; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0.413, termasuk dalam kategori sedang serta berkontribusi sebesar 17%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,432, termasuk dalam kategori sedang serta berkontribusi sebesar 18.7%. dengan hasil belajar siswa dan 81,3 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dengan hasil belajar IPS; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS. Disarankan guru dapat meningkatkan kekreatifannya dalam mengelola pembelajaran, sehingga motivasi belajar siswa akan meningkat dan hasil belajar yang dicapai dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kreativitas guru, motivasi belajar, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:06
Last Modified: 12 Jan 2023 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55021

Actions (login required)

View Item View Item