PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG


Sakila Nurkhofifah, 1401418129 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418129 - Sakila Nurkhofifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan bidang studi yang mengkaji kehidupan manusia pada lingkungan sekitarnya. Berdasarkan data pra-penelitian di SDN Tambakaji 03 melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, mengindikasikan terdapat sejumlah permasalahan krusial terkait pembelajaran IPS di SDN Tambakaji 03 yakni berupa minimnya media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekarang terutama media yang berbasis IT. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti menginisiasi untuk membuat media pembelajaran berupa e-media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline. Rumusan masalah serta tujuan penelitian yang hendak dilakukan yaitu mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline, menguji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dan menguji keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Sementara model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model Borg dan Gall dengan 8 langkah penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tambakaji 03. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline sangat layak digunakan dengan persentase nilai dari ahli materi sebesar 94% dan ahli media 98%. Sementara itu, keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada kegiatan pembelajaran dinyatakan efektif berdasarkan hasil perhitungan uji t mendapat nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,03, artinya nilai signifikansi 0,03 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sementara peningkatan rata-rata (ngain) hasil belajar siswa sebesar 0,51 dengan selisih ratarata 17,4. Kesimpulan pada penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline sangat layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPS materi kedatangan bangsa Barat di Indonesia. Saran bagi media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran untuk mengefektifkan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, IPS, media pembelajaran interaktif, articulate storyline
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:03
Last Modified: 12 Jan 2023 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55019

Actions (login required)

View Item View Item