EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VCT DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VI SD GUGUS DRUPADI SEMARANG


Anastasia Anindia Septiana S, 1401418123 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VCT DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VI SD GUGUS DRUPADI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418123 - Anastasia Anindia Septiana S..pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan hasil belajar pada muatan pembelajaran PPKn materi nilainilai Pancasila yang belum maksimal pada siswa kelas VI SD di Gugus Drpadi Semarang menjadi masalah utama penelitian ini. Belum maksimalnya hasil belajar PPKn dikarenakan penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang inovatif sehingga proses pembelajaran kurang aktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model VCT (Value Clarification Technique) dengan media audiovisual pada pembelajaran PPKn siswa kelas VI SDN Gugus Drupadi Semarang pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental dengan bentuk nonequivalent group design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas VI SDN Gugus Drupadi Semarang, dengan sampel siswa kelas VI SDN Sukorejo 02 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VI SDN Sukorejo 03 sebagai kelas kontrol. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini variabel bebas yaitu perlakuan model pembelajaran VCT dengan media audiovisual, sedangkan variabel kontrol yaitu hasil belajar PPKn. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes yaitu pretest-posttest dan teknik non-tes berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji T dan uji N-gain. Hasil penelitian yang telah dilakukan penggunaan model VCT (Value Clarification Technique) dengan media audiovisual dalam muatan pelajaran PPKn siswa kelas VI SDN Gugus Drupadi semarang dinyatakan efektif. Uji hipotesis yang dilakukan menunjukan perbedaan rata-rata dengan uji t sebesar thitung=3,717 > ttabel=1,674 , sehingga Ha diterima. Hasil peningkatan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan uji n-gain kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kotrol yaitu 0,756 > 0,587 kriteria sangat efektif. Didukung dengan analisis deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari observasi aktivitas belajar siswa pada kriteria ‘baik” dan aktivitas guru pada kriteria ‘cukup’. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan penerapan model VCT (Value Clarification Technique) dengan media audiovisual efektif terhadap hasil belajar muatan pelajaran PPKn siswa kelas VI SDN Gugus Drupadi Semarang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: value clarification; audiovisual; hasil belajar; PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:05
Last Modified: 12 Jan 2023 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55013

Actions (login required)

View Item View Item