PENGELOLAAN KELAS DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK SD NEGERI 2 SAMBUNG KABUPATEN GROBOGAN


Ferra Lestari, 1401418115 (2022) PENGELOLAAN KELAS DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK SD NEGERI 2 SAMBUNG KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418115 - Ferra Lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tematik identik dengan adanya tema sebagai pemersatu, tetapi untuk menyatukan berbagai mata pelajaran bukanlah hal yang mudah. Guru dituntut aktif, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran. Efektif atau tidaknya kelas tergantung bagaimana guru mengelola kelas. Kemampuan guru mengelola kelas berpengaruh terhadap suasana belajar yang kondusif serta hasil pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini bagaimanakah kemapuan guru mengelola kelas II, apa sajakah factor pendukung dan penghambat pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini untuk medeskripsikan kemampuan guru kelas II, faktor pendukung dan faktor pengambat pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik di SD Negeri 2 Sambung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Peneliti mewawancarai guru dan peserta diidk kelas II. Analisis data dilakukan sebelum dan selama di lapangan. Analisis sebelum dilapangan dengan pra penelitian untuk menentukan fokus penelitian. Analisis selama dilapangan menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru kelas II SD Negeri 2 Sambung mengelola kelas dalam pembelajaran tematik ditinjau dari pengamalan prinsip-prinsip pengelolaan kelas serta penataan lingkungan fisik kelas tergolong cukup baik. Guru telah menerapkan prinsip pengelolaan kelas, tetapi belum menerapkan prinsip variasi, yakni variasi media dan metode pembelajaran. Penataan lingkungan fisik kelas berkaitan dengan tempat duduk peserta didik, tidak pernah diubah. Media pembelajaran tidak diletakkan didalam kelas tetapi dikantor. Kebersihan kelas cukup dijaga. Keindahan kelas perlu ditingkatkan karena kelas masih monoton, tidak berwarna dan kurang menarik. Akan tetapi ventilasi udara dan pencahayaan kelas sudah baik. Adapun faktor pendukung pengelolaan kelas yakni: kurikulum, gedung & sarana kelas, guru, peserta didik, serta dinamika kelas. Sedangkan faktor penghambatnya yakni: guru, peserta didik dan keluarga. Pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik di SD Negeri 2 Sambung tergolong cukup baik, namun perlu ditingkatkan lagi agar pembelajaran lebih maksimal. Faktor pendukung dimaksimalkan agar pengelolaan kelas berjalan lancar. Sedangkan factor pengahambat diminimalisir agar tidak menjadi halangan dalam mengelola kelas. Saran penelitian ini bagi guru diharapkan lebih variatif menggunakan media, menerapkan metode pembelajaran, kreatif memvariasikan tempat duduk, menghias ruang kelas, dan melengkapi alat pengajaran. Sekolah diharapkan melengkapi fasilitas pendukung pembelajaran, serta mengadakan pengawasan dan pembinaan terhadap proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru, Pembelajaran Tematik, Pengelolaan Kelas
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:55
Last Modified: 12 Jan 2023 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55009

Actions (login required)

View Item View Item