KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN TEORI BELAJAR BRUNER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS DIPONEGORO


Mila Tri Anggraini, 1401418111 (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN TEORI BELAJAR BRUNER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS DIPONEGORO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418111 - Mila Tri Anggraini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada kelas V SD Gugus Diponegoro Kabupaten Grobogan menunjukkan hasil belajar matematika masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa karena siswa kurang aktif dan antusias dalam pembelajaran matematika. Ketuntasan hasil belajar matematika SD Gugus Diponegoro 62% nilainya di bawah KKM. Rendahnya hasil belajar terutama pada materi menentukan volume balok dan kubus. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran discovery dengan teori belajar Bruner terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematika materi volume bangun ruang balok dan kubus kelas V SD Gugus Diponegoro Kabupaten Grobogan. Desain penelitian menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Diponegoro Kabupaten Grobogan terdiri dari 5 SD, pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling, terdiri dari siswa SDN 1 Jipang sebagai kelas eksperimen, siswa SDN Tunggu sebagai kelas kontrol. Variabel terikatnya adalah motivasi belajar dan hasil belajar matematika. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran discovery dengan teori belajar Bruner. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Motivasi belajar matematika siswa lebih tinggi menggunakan model pembelajaran discovery dengan teori belajar Bruner pada kelas eksperimen daripada model pembelajaran langsung berbantuan media gambar di kelas kontrol. Indeks motivasi belajar kelas eksperimen mencapai 91,5% sedangkan kelas kontrol 76,8%. Hasil uji t yaitu thitung (2,257) > ttabel (1,995). (2) Model pembelajaran discovery dengan teori belajar Bruner kelas eksperimen lebih efektif daripada model pembelajaran langsung berbantuan media gambar di kelas kontrol. Ketuntasan belajar eksperimen mencapai 75% sedangkan kelas kontrol tidak. Hasil uji t yaitu thitung (8,827) > ttabel (1,995) dan kelas eksperimen memiliki nilai N-Gain (0,77) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,26). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery dengan teori belajar Bruner lebih efektif daripada model pembelajaran langsung berbantuan media gambar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas V. Saran penelitian yaitu penggunaan model pembelajaran discovery dengan teori belajar Bruner dapat memberikan pengalaman langsung untuk siswa dalam menemukan sendiri konsep materi sehingga pembelajaran dapat bermakna dan pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Model Pembelajaran Discovery; Motivasi Belajar; Teori Belajar Bruner
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:46
Last Modified: 12 Jan 2023 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55003

Actions (login required)

View Item View Item