ANALISIS KESESUAIAN KOMPONEN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 KELAS IV TEMA 7 DI SD PAKEMBARAN


Noerul Mega Heryani, 1401418104 (2022) ANALISIS KESESUAIAN KOMPONEN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 KELAS IV TEMA 7 DI SD PAKEMBARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418104 - Noerul Mega Heryani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

RPP disusun secara mandiri atau secara berkelompok di KKG di awal semester atau awal tahun pelajaran. Banyak landasan, teori bahkan sampai ramburambu dalam guru membuat RPP. Kenyataannya, masih banyak guru yang belum bisa membuat RPP, karena tidak semua guru bisa menentukan kompetensi yang penting dan harus dikuasai peserta didik, sehingga berdampak pada evaluasi kinerja guru yang tidak dapat diorganisir dengan baik. Padahal setiap guru diwajibkan untuk membuat RPP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian komponen rencana pelaksanaan pembelajaran dengan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 kelas IV tema 7 di SD Gugus Pakembaran. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research), yang bertumpu pada kajian dan telaah teks. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kelas IV tema 7. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis isi pada dokumen RPP. Berdasarkan data yang dianalisis diperoleh hasil bahwa komponen rencana pelaksanaan pembelajaran dengan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 kelas IV tema 7 di SD Pakembaran sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Hanya saja dalam pembuatannya RPP tidak murni dibuat oleh setiap guru. Hal ini terbukti dari penulisan kegiatan pembelajaran tidak ada satupun yang berbeda setiap katanya. Saran ditujukan kepada (1) Guru diharapkan mampu menyesuaikan dengan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 pada saat membuat RPP. (2) Pihak pemerintah diharapkan lebih mempertegas lagi terhadap aturan dalam pembuatan RPP, sehingga mengurangi plagiarisme guru dalam membuat RPP. (3) Bagi peneliti, diharapkan dalam mengkaji variabel yang serupa dapat lebih dalam, lebih bervariasi, dan lebih lengkap sehingga hasil penelitian yang akan datang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komponen RPP, Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019, Kelas IV
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:20
Last Modified: 12 Jan 2023 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55002

Actions (login required)

View Item View Item