PENGEMBANGAN MEDIA MICROSOFT SWAY DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI CANDIGUGUR KABUPATEN BATANG


MELLY AURELIYA SAGITA, 1401418088 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MICROSOFT SWAY DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI CANDIGUGUR KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418088 - Melly Aureliya Sagita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam muatan PPKn berbantuan media pembelajaran yang diintegrasikan dengan model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Guru dapat menggunakan Microsoft Sway dengn model Problem Based Learning sebagai sarana untuk menyampaikan materi PPKn. Adapun tujuan penelitian ini (1) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran (2) Mengembangkan media Microsoft Sway dengan Problem Based Learning pada muatan pelajaran PPKn (3) Menguji kelayakan media Microsoft sway dengan Problem Based Learning pada muatan pelajaran PPKn dan (4) Menguji keefektifan media Microsoft sway dengan Problem Based Learning pada muatan pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development oleh Borg and Gall. Adapun model pengembangannya menggunakan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara untuk memperoleh data pra penelitian, angket digunakan untuk memperoleh data kebutuhan guru, penilaian ahli media dan materi,dan tanggapan guru dan siswa, dokumentasi untuk memperoleh hasil belajar PPKn. Sampel penelitian yaitu 36 siswa. Teknik analisis statistik yang digunakan analisis deskriptif,analisis uji prasyarat dan uji hipotesis berupa uji-t dan uji N-gain. Hasil penelitian membuktikan bahwa guru membutuhkan media Microsoft sway dengan Problem Based Learning. Pengembangan media Microsoft sway diintegrasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Produk media Microsoft sway dengan Problem Based Learning sangat layak digunakan berdasarkan penilaian ahli media dan materi. Selanjutnya, media Microsoft sway dengan Problem Based Learning efektif digunakan dibuktikan dengan hasil perhitungan N-gain pada uji coba produk kelompok kecil 0,8 dengan kriteria tinggi dan pada kelompok besar nilai N-gain yaitu 0,7 dengan kriteria tinggi. Simpulan penelitian ini adalah media Microsoft sway dengan Problem Based Learning sangat layak dan Efektif digunakan pada muatan pelajaran PPKn materi Nilai-nilai Pancasila. Guru disarankan untuk dapat menggunakan media Microsoft sway dengan Problem Based Learning sebagai penunjang proses pembelajaran muatan PPKn materi Nilai-nilai Pancasila

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Microsoft sway, PPkn, Problem Based Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:22
Last Modified: 12 Jan 2023 01:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54995

Actions (login required)

View Item View Item