EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG DI SMA KEBON DALEM SEMARANG


Muhammad Rizqi Nuruddin, 3201417047 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG DI SMA KEBON DALEM SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201417047 - Muhammad Rizqi Nuruddin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan pendidik dalam pembelajaran di kelas sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran example non example pada materi negara maju dan berkembang, 2) Mengetahui penerapan model pembelajaran jigsaw pada materi negara maju dan berkembang 3) Efektivitas model pembelajaran example non example dibandingkan dengan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi negara maju dan berkembang. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas XII IPS SMA Kebon Dalem Semarang. Teknik sampling menggunakan total sampling, maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS SMA Kebon Dalem. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design dan menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data menggunakan nilai pretest dan posttest, uji hipotesis perbedaan dua rata-rata, uji ngain, ketuntasan belajar klasikal, dan tanggapan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan uji n-gain sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 84% dengan kriteria tuntas pada materi negara maju dan berkembang. Sedangkan angket tanggapan siswa kelompok eksperimen merasa sangat setuju dengan pembelajaran example non example dengan hasil 45,2. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran example non example efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMA Kebon Dalem Semarang. Model pembelajaran example non example merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Pembelajaran example non example juga meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Oleh karena itu model pembelajaran ini dapat dicoba untuk diterapkan pada materi ataupun mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Example non Example, Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:04
Last Modified: 17 Jan 2023 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54994

Actions (login required)

View Item View Item