PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MATERI GAGASAN POKOK BERBASIS LOCAL WISDOM UNTUK MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 KOTA SEMARANG


Anabela Dara Puspita, 1401418084 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MATERI GAGASAN POKOK BERBASIS LOCAL WISDOM UNTUK MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418084 - Anabela Dara Puspita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kelas IV SDN Tambangan 01 Kota Semarang pada keterampilan membaca pemahaman khususnya materi gagasan pokok. Persentase siswa yang belum mencapai KKM pada pelajaran Bahasa Indonesia adalah 59% siswa. Hal ini disebabkan karena sumber belajar hanya berasal dari buku tematik sehingga kurang mendukung keterampilan membaca pemahaman siswa. Topik bacaan pada buku tematik jauh dari kehidupan sehari-hari siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis local wisdom untuk kelas IV SD, yaitu (1) menghasilkan bahan ajar digital berbasis local wisdom, (2) menguji kelayakan bahan ajar digital berbasis local wisdom, dan (3) menguji keefektifan bahan ajar digital berbasis local wisdom. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Prosedur penelitian menggunakan delapan dari sepuluh langkah model pengembangan menurut Sugiyono, diantaranya 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN Tambangan 01 Kota Semarang berjumlah 27 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu bahan ajar digital berbasis local wisdom dan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca pemahaman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, data dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dengan uji normalitas, analisis data produk, dan analisis data akhir dengan uji paired sample t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan persentase dari ahli media sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak. Persentase dari ahli materi 90,3% dengan kategori sangat layak. Uji t diperoleh sebesar thitung 11,831 > ttabel 2,052 maka terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Rata-rata N-gain menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 0,67 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar digital berbasis local wisdom layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman khususnya pada materi gagasan pokok. Saran dari peneliti supaya guru dapat mengembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia yang disesuaikan dengan karakteristik siswa agar siswa mudah memahami teks bacaan dan meningkatkan keterampilan berbahasa siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar digital, local wisdom, membaca pemahaman
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:19
Last Modified: 12 Jan 2023 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54992

Actions (login required)

View Item View Item