Pengembangan Kemampuan Berpikir Positif melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2008/ 2009.

M. Octa Bagus Santoso, 2009 (2009) Pengembangan Kemampuan Berpikir Positif melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2008/ 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengembangan Kemampuan Berpikir Positif melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2008/ 2009.) - Published Version
Download (24Kb)

    Abstract

    Santoso, M. Octa Bagus. 2009. Pengembangan Kemampuan Berpikir Positif melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2008/ 2009. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Drs. Heru Mugiarso, M. Pd, Kons. dan Drs. Eko Nusantoro, M. Pd Kata Kunci: Berpikir Positif dan Layanan Bimbingan Kelompok Kemampuan berpikir positif sangat diperlukan untuk menunjang kesuksesan seorang siswa, baik di sekolah maupun di masyarakat. Akan tetapi, fenomena yang terjadi di SMA Negeri 9 Semarang menunjukkan perilaku siswa yang jauh dari konsep berpikir positif seperti pesimis, rendah diri, serta memiliki motivasi belajar yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi empiris mengenai perkembangan tingkat berpikir positif siswa kelas XI IS SMA Negeri 9 Semarang sebelum dan setelah mengikuti bimbingan kelompok dan untuk mengembangkan kemampuan berpikir positif pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 9 Semarang melalui bimbingan kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 134 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yakni teknik pengambilan sampel berdasarkan ciri-ciri tertentu yang berkaitan dengan ciri-ciri populasi. Ciri tersebut yaitu siswa-siswa yang memiliki kemampuan berpikir positif terendah, sehingga dari jumlah populasi diperoleh 15 siswa dalam kriteria sedang yang akan dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan skala psikologi berupa skala berpikir positif yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dihitung dengan taraf signifikansi 5% dan jumlah responden 35 siswa sehingga diperoleh r hitung = 0,397 dan rtabel = 0,334. Item dikatakan valid jika rhitung > rtabel. Penghitungan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha menunjukkan angka 0,908, oleh karena itu instrumen dinilai reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi persentase dan t-test. Kemampuan berpikir positif sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok persentase rata-ratanya sebesar 61,15% dengan kriteria sedang dan setelah mendapat layanan bimbingan kelompok persentase rata-ratanya naik menjadi 75,51% termasuk dalam kriteria tinggi. Hasil uji t-test, menunjukkan bahwa nilai thitung = -5,969 dengan ttabel = 2,132, jadi nilai thitung > ttabel. Hasil tersebut menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat mengembangkan kemampuan berpikir positif pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2008/2009. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, guru pembimbing hendaknya memasukkan bimbingan kelompok sebagai salah satu program bimbingan dan konseling di sekolah dan memberikan layanan bimbingan kelompok kepada siswa karena selama ini siswa belum pernah mengikuti bimbingan kelompok. Selain itu, guru pembimbing hendaknya melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok menggunakan jam bimbingan dan konseling dengan cara membagi siswa dalam tiga atau empat kelompok yang dipimpin oleh beberapa guru pembimbing.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Berpikir Positif dan Layanan Bimbingan Kelompok
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 11 Oct 2011 23:53
    Last Modified: 18 Oct 2011 22:47

    Actions (login required)

    View Item