ANALISIS KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SD N BABAKAN KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG


Nur Amalia Putri, 1401418073 (2022) ANALISIS KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SD N BABAKAN KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418073 - Nur Amalia Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan dampak diberbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Seiring membaiknya situasi dan kondisi pada masa pandemi mengakibatkan pembelajaran yang semula dilaksanakan secara daring kini kembali menjadi tatap muka. Kembalinya pembelajaran tatap muka memberikan dampak terhadap motivasi belajar siswa. Guru memiliki tugas untuk dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa kembali. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa yaitu dengan mengadakan variasi mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis keterampilan mengadakan variasi mengajar guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas III SD N Babakan Kecamatan Bodeh pada masa pandemi Covid19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III telah mengadakan variasi mengajar di kelas walaupun belum sepenuhnya. Variasi mengajar yang belum diadakan yaitu terkait penggunaan variasi media audio dan audio visual. Siswa kelas III sudah memiliki motivasi belajar. Keterampilan mengadakan variasi mengajar yang dilakukan oleh guru dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, keterampilan mengadakan variasi mengajar guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di SD N Babakan pada masa pandemi Covid19 sudah baik. Kendala yang dihadapi oleh guru saat mengadakan variasi mengajar dalam menumbuhkan motivasi belajar ialah terkait ketersediaan media pembelajaran dan alat peraga yang dimiliki sekolah dan guru belum mampu memanfaatkan media pembelajaran yang berbasis IT. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan guru selalu belajar mengenai penggunaan suatu variasi dan mencari alternatif dari suatu penggunaan variasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan mengajar guru, variasi mengajar, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 00:40
Last Modified: 12 Jan 2023 00:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54989

Actions (login required)

View Item View Item