PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS IV SD NEGERI GEDANGANAK 03 KABUPATEN SEMARANG


Febyanti Rahayu, 1401418069 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS IV SD NEGERI GEDANGANAK 03 KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418069 - Febyanti Rahayu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

IPS merupakan salah satu muatan pelajaran yang diajarkan di SD. Berdasarkan hasil observasi, studi dokumentasi, dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Gedanganak 03 Kabupaten Semarang, diketahui bahwa hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS materi sumber daya alam masih rendah, dibawah KKM 75 sejumlah 35 siswa yang terdiri dari 15 siswa yang tuntas dan 20 siswa tidak tuntas. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan kurang menarik karena belum menggunakan bahan ajar yang inovatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan mengembangkan Bahan Ajar Buku Saku Berbasis Mind Mapping, menguji kelayakan bahan ajar, serta menguji keefektifan Bahan Ajar Buku Saku Berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar materi IPS siswa kelas IV SDN Gedanganak 03. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif denganjenis penelitian yaitu research and development (R&D). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Teknik analisis data menggunakan analisis dataawal dengan Uji normalitas dan analisis data akhir dengan uji paired sample t-test dan uji N-gain.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melalui tahap validasi produk oleh ahli materi diperoleh skor 96,8% dan oleh ahli media diperoleh skor 93,75% dengan kategori sangat layak. Keefektifan media diuji dengan perhitungan hasil nilai tes awal dan tes akhir menggunakan uji-t berpasangan diperoleh thitung = 19,17 dan ttabel = 2,05 maka H0 ditolak atau Ha diterima. N-gain pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar sebesar 0,43 dan 0,38 dan termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Buku Saku Berbasis Mind Mapping efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa materi sumber daya alam. Peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat menggunakan Bahan Ajar Buku Saku Berbasis Mind Mapping sebagai salah satu bahan ajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar buku saku, Mind Mapping, sumber daya alam.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 00:37
Last Modified: 12 Jan 2023 00:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54988

Actions (login required)

View Item View Item