HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DAERAH BINAAN 2 KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN


Sabrina Nur Faizah, 1401418068 (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DAERAH BINAAN 2 KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418068 - Sabrina Nur Faizah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Self efficacy dan self regulated merupakan beberapa faktor internal yang mampu memengaruhi hasil belajar siswa. Anak yang memiliki self efficacy dan self regulated yang tinggi diharapkan mampu memiliki kesadaran dalam dirinya untuk belajar dengan giat sehingga mampu meningkatkan hasil belajar yang siswa peroleh. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar Matematika; (2) menguji hubungan antara self regulated dengan hasil belajar Matematika; (3) menguji hubungan antara self efficacy dan self regulated dengan hasil belajar Matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif jenis korelasi. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 160 siswa kelas V di SD Daerah Binaan 2 Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Teknik sampel yang dilakukan adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data self efficacy dan self regulated dan dokumentasi untuk mendapatkan data hasil belajar siswa. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Taknik analisis data menggunakanan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara self efficacy terhadap hasil belajar Matematika (rhitung=0,484); (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara self regulated dengan hasil belajar Matematika (rhitung=0,410); (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara self efficacy dan self regulated terhadap hasil belajar siswa (rhitung=0,580). Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara self efficacy terhadap hasil belajar Matematika; terdapat hubungan postif dan signifikan antara self regulated dengan hasil belajar Matematika; terdapat hubungan postifi dan signifikan antara self efficacy dan self regulated terhadap hasil belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, self efficacy, self regulated
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 00:28
Last Modified: 12 Jan 2023 00:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54987

Actions (login required)

View Item View Item