ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH PENGGERAK SD NEGERI RANDUGUNTING 6 KOTA TEGAL


Mila Rahmasari, 1401418065 (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH PENGGERAK SD NEGERI RANDUGUNTING 6 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418065 - Mila Rahmasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatkan mutu pendidikan adalah tanggung jawab semua pihak yang terlibat dalam pendidikan, terutama guru. Agar tugas tersebut dapat diselenggarakan dengan baik, guru harus memahami prinsip dasar pengembangan kurikulum. Kurikulum yang berlaku dalam sistem pendidikan Indonesia saat ini yaitu kurikulum 2013 yang proses pembelajarannya diterapkan secara tematik integratif untuk seluruh jenjang kelas di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri Randugunting 6 Kota Tegal; (2) Kesulitan guru kelas III dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Negeri Randugunting 6 Kota Tegal; dan (3) Solusi guru dalam menghadapi kesulitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri Randugunting 6 Kota Tegal secara keseluruhan sudah baik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tahapan pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/penilaian. Pada proses pembelajaran guru juga sudah melaksanakan empat dari enam karakteristik pembelajaran tematik yaitu: memberikan pengalaman langsung, menyajikan konsep dari berbagai muatan, bersifat luwes, dan menggunakan prinsip belajar sambil bermain; (2) Kesulitan guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik yaitu mengaitkan materi antar mata pelajaran, penguasaan teknologi, dan sistem penilaian; (3) Solusi mengatasi kesulitan dalam pembelajaran tematik yaitu mengembangkan materi yang ada pada RPP, meningkatkan keterampilan dan inovasi guru, dan mengikuti kegiatan kelompok kerja guru (KKG). Simpulan penelitian ini bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri Randugunting 6 Kota Tegal secara keseluruhan sudah baik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tahapan pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/penilaian dan sudah melaksanakan empat dari enam karakteristik pembelajaran tematik. Hanya saja ada dua karakteristik yang belum dilaksanakan yaitu berpusat pada peserta didik dan pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas. Saran yang diberikan penulis agar guru memperbaiki mutu pembelajaran. Kepada pihak sekolah, penulis menyarankan agar melakukan bimbingan dan pengawasan kepada guru, agar kompetensi pedagogik guru dapat meningkat dan berpengaruh terhadap kualitas kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013, Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 23:57
Last Modified: 11 Jan 2023 23:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54985

Actions (login required)

View Item View Item