ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR CERITA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR MENGGAMBAR PADA SISWA KELAS V (STUDI KASUS SDN PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG)


Zarza Rista Ayunda, 1401418064 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR CERITA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR MENGGAMBAR PADA SISWA KELAS V (STUDI KASUS SDN PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418064 - Zarza Rista Ayunda.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian adalah pembelajaran menggambar cerita dan minat belajar menggambar di SD Negeri Purwoyoso 04 Kota Semarang. Guru kurang menguasai materi menggambar cerita, dalam pelaksanaannya siswa mengalami kesulitan dalam menggambar cerita yaitu menemukan ide dan menuangkannya dalam bentuk gambar, serta nilai menggambar cerita siswa yang telah mencapai batas KKM yaitu 79. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan menggambar cerita dan minat belajar menggambar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa, 1 guru kelas dan 4 wali murid kelas V SDN Purwoyoso 04 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, dokumentasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan menggambar cerita sudah baik. Siswa menggambar dengan senang dan semangat, karena pada proses pembelajaran menggambar cerita dapat menarik perhatian dan antusias siswa, proses pembelajaran menjadi menyenangkan, serta siswa menjadi aktif pada proses pembelajaran. Faktor yang memengaruhi siswa dalam menggambar yaitu antusiasme siswa dalam menggambar tinggi, namun kemampuan menggambar cerita dalam membentuk objek gambar masih rendah. Simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan menggambar cerita siswa pada proses pembelajaran SBdP dapat menumbuhkan minat belajar menggambar dalam diri siswa. Adanya variasi cara mengajar, penggunaan alat atau media pembelajaran serta pola interaksi yang bervariasi membuat siswa tertarik dan proses pembelajaran menggambar menjadi menyenangkan serta berpengaruh terhadap hasil belajar yang didapat siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan; Menggambar Cerita; Minat; Menggambar; SBdP.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 23:53
Last Modified: 11 Jan 2023 23:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54984

Actions (login required)

View Item View Item