PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI KENAMPAKAN ALAM DI KELAS V SDN TAMBAHARJO 02


Mutiasani Khilmatun Nafis, 1401418061 (2022) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI KENAMPAKAN ALAM DI KELAS V SDN TAMBAHARJO 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418061 - Mutiasani Khilmatun Nafis.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian di SDN Tambaharjo 02 ditemukan permasalahan berupa keterbatasan sumber belajar, yaitu jumlah buku tematik serta buku paket yang tidak sepadan dengan jumlah peserta didik. Penggunaan buku tematik dan buku paket dipergunakan untuk satu buku dua orang. Tidak hanya mengenai sumber belajar, penggunaan media jarang, dan penerapan model pembelajaran yang tidak bervariatif menyebabkan peserta didik kurang antusias dalam proses pembelajaran, hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah, dan yang paling rendah pada muatan IPS menjadi rendah. Rumusan penelitian ini yaitu bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan modul interaktif berbasis augmented reality materi kenampakan alam kelas V SDN Tambaharjo 02. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan modul interaktif berbasis augmented reality pada muatan pelajaran IPS kelas V SDN Tambaharjo 02. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang telah disesuaikan dengan keadaan serta kebutuhan penelitian dan diadaptasi oleh Sugiyono menggunakan delapan langkah, yaitu (1) potensi masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Tambaharjo 02 yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, angket, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul interaktif berbasis augmented reality layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 89, 7% (sangat layak), kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 93, 7% (sangat layak). Modul interaktif berbasis augmented reality efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik kelas V SDN Tambaharjo 02 berdasarkan uji t memperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000< 0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil data pretest dan posttest serta uji peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,466 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah modul interaktif berbasis augmented reality yang dikembangkan layak dan efektif digunakan pada pembalajaran IPS materi kenampakan alam. Saran penelitian selanjutnya dapat mengembangkan dan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Augmented reality, Pemahaman Konsep.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 23:50
Last Modified: 11 Jan 2023 23:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54983

Actions (login required)

View Item View Item