HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS 3 KECAMATAN TAJURHALANG KABUPATEN BOGOR
Jafinda Febrianti, 1401418058 (2022) HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS 3 KECAMATAN TAJURHALANG KABUPATEN BOGOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Pengelolaan pembelajaran matematika dapat dipengaruhi oleh faktor keterampilan variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa. Guru dapat menggunakan variasi gaya mengajar untuk mempertahankan motivasi belajar siswa, hal tersebut dapat memberikan pengaruh pada pencapaian hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini meliputi: menguji keterhubungan variasi gaya mengajar dengan hasil belajar matematika, menguji keterhubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar matematika dan menguji keterhubungan variasi gaya mengajar dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasional. Populasi pada penelitian ini siswa kelas IV SDN di Gugus 3 Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor berjumlah 222 siswa. Pengambilan sampel menggunakan jenis random sampling sehingga didapatkan jumlah sampel 141 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis statistik yang digunakan berupa analisis deskriptif, uji prasyarat dan pengujian hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana dan berganda dengan pearson product moment, uji signifikansi, uji koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan antara variasi gaya mengajar dengan hasil belajar matematika yang memiliki kategori cukup. Terdapat hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar matematika dengan kategori cukup. Terdapat hubungan variasi gaya mengajar dan motivasi belajar siswa secara bersamaan dengan hasil belajar matematika dengan kategori cukup. Simpulan pada penelitian ini terdapat hubungan yang cukup antara variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar matematika siswa, terdapat hubungan yang cukup antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa dan terdapat hubungan yang cukup antara variasi gaya mengajar dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan guru dapat meningkatkan variasi gaya mengajar yang tergolong cukup dengan cara menggunakan variasi gaya mengajar yang membuat pembelajaran menjadi interaktif sehingga siswa dapat mempertahankan motivasi belajar matematika agar hasil belajar siswa dapat meningkat
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Variasi gaya mengajar; Motivasi belajar siswa; Hasil belajar matematika siswa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 23:47 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 23:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54982 |
Actions (login required)
View Item |