KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT SWAY TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN DI GUGUS GAGAK PUTIH KABUPATEN BREBES


Tina Erlina, 1401418057 (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT SWAY TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN DI GUGUS GAGAK PUTIH KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418057 - Tina Erlina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan data penilaian harian hasil belajar PPKn kelas V materi keragaman sosial budaya Indonesia, SDN di Gugus Gagak Putih Kabupaten Brebes belum maksimal, disebabkan belum diterapkannya model pembelajaran yang bervariasi serta kurangnya penggunaan media pembelajaran PPKn. Sehingga siswa kelas V belum mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran Number Head Together menggunakan Media Microsoft Sway terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian quasi eksperimental design bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Gagak Putih Kabupaten Brebes dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Malahayu 01 sebagai kelas kontrol dan kelas V SDN Malahayu 02 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan adalah pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, uji Paired sampet t-test, dan analisis deskriptif. Rata –rata hasil belajar posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 76,37, di kelas kontrol sebesar 63,76. Hasil uji hipotesis pada uji N-gain pada kelas kontrol masuk dalam kategori rendah dengan perolehan nilai sebesar 0,27 dan kelas eksperimen masuk dalam kategori sedang dengan perolehan nilai sebesar 0,53. Uji hipotesis pada uji Paired sampet t-test diperoleh nilai sig sebesar ,000, sehingga menunjukan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar PPKn melalui model pembelajaran number head together menggunakan media microsoft sway . Pengamatan keaktifan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi menunjukan rata-rata aktivitas kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 78% dibandingkan kelas kontrol sebsear 71%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran number head together menggunakan media microsoft sway efektif digunakan pada pembelajaran PPKn dan meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar PPKn; keefektifan; microsoft sway; number head together.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:52
Last Modified: 11 Jan 2023 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54981

Actions (login required)

View Item View Item