PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET DAN FLASHCARD DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD KEC. PULOKULON KAB. GROBOGAN


Anis Septiana, 1401418053 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET DAN FLASHCARD DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD KEC. PULOKULON KAB. GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418053 - ANIS SEPTIANA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi berdampak pada munculnya fenomena yang mengkhawatirkan, salah satu dampaknya yaitu pudarnya karakter bangsa Indonesia. Di SDN 3 Sidorejo masih dijumpai permasalahan terkait karakter, misalnya perilaku bullying, dan kurangnya sopan santun dengan guru atau orang yang lebih tua. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan menerapkan pendidikan karakter melalui penggunaan media pembelajaran. Karakter dapat dipelajari dari para pahlawan yang gugur saat kemerdekaan Indonesia. Materi kepahlawanan dapat dijumpai pada pembelajaran IPS SD. Upaya penyampaiannya dapat digunakan media pembelajaran Booklet dan Flashcard. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) menghasilkan desain media pembelajaran sesuai kebutuhan guru, 2) menguji kelayakan media pembelajaran, 3) menguji keefektifan media pembelajaran Booklet dan Flashcard dalam penguatan pendidikan karakter siswa pada pembelajaran IPS Kelas IV SDN 3 Sidorejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data meliputi : wawancara, angket validasi ahli materi dan media, angket tangapan guru dan siswa, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 3 Sidorejo Kec. Pulokulon Kab. Grobogan dengan jumlah 26 siswa. Teknik analisis statistik berupa analisis kelayakan media, analisis tanggapan guru dan siswa, analisis kevalidan soal berupa uji normalitas, serta analisis keefektifan media berupa uji-t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Booklet dan Flashcard dalam penguatan pendidikan karakter siswa terbukti efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Dibuktikan dengan uji t-test memperoleh thitumg = 15,323 ≥ ttabel = 2,008, sedangkan uji N-Gain memperoleh 0,71 (tinggi). Kemudian analisis penilaian karakter memperoleh nilai rata-rata dengan kriteria “Baik”. Analisis kebutuhan guru memperoleh data 85%. Penilaian ahli materi 79,375% dengan kriteria layak dan penilaian dari ahli media 90,45% dengan kriteria sangat layak. Angket tanggapan guru 86% dan siswa 87,34% dengan kriteria sangat baik. Simpulan penelitian ini yaitu pengembangan media pembelajaran Booklet dan Flashcard dalam penguatan pendidikan karakter siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Kec. Pulokulon Kab. Grobogan terbukti efektif dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, guru disarankan dapat menggunakan media pembelajaran Booklet dan Flashcard sebagai penunjang dalam penguatan pendidikan karakter siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Booklet dan Flashcard; Pembelajaran IPS; Pendidikan Karakter
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:49
Last Modified: 11 Jan 2023 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54978

Actions (login required)

View Item View Item