PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD N DABIN 1 KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN


Mifrotul Aeniyah, 1401418050 (2022) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD N DABIN 1 KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418050 - Mifrotul Aeniyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan pencapaian peserta didik guna menghadapi abad 21. Kemampuan berpikir kritis diperlukan untuk mengatasi sebuah permasalahan ataupun mengambil keputusan yang tepat. Kedisiplinan yang tinggi dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menguji ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar IPA, menguji ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar IPA, serta menguji ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa dan kedisiplinan siswa dengan hasil belajar IPA. Jenis penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Daerah Binaan 1 Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan sejumlah 193 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunkan random sampling teknik undian dengan hasil 130 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode berupa wawancara digunakan untuk memperoleh permasalahan mengenai kemampuan berpikir kritis siswa SD, kedisiplinan, dan hasil belajar IPA, tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis siswa, angket digunakan untuk memperoleh data kedisiplinan siswa, dan dokumentasi digunakan untuk bukti hasil belajar IPA dan pelaksanaan penelitian. Teknik analisis statistik yang digunakan berupa analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data, dan uji hipotesis yang meliputi analisis korelasi sederhana dan berganda dengan pearson product moment, uji signifikansi, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir siswa dengan hasil belajar IPA yang memiliki kategori sangat kuat dengan kontribusi sebesar 71,7%. Terdapat pengaruh kedisiplinan siswa dengan hasil belajar IPA yang memiliki kategori kuat dengan kontribusi sebesar 37,7%, serta terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa SD dan kedisiplinan siswa dengan hasil belajar IPA yang memiliki kategori sangat kuat dengan kontribusi sebesar 73,3%. Simpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh yang sangat kuat antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar IPA, terdapat pengaruh yang kuat antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar IPA, serta terdapat pengaruh yang sangat kuat antara kemampuan bepikir kritis siswa dan kedisiplinan siswa dengan hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan guru dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan memberikan pelatihan soal HOTS pada muatan pelajaran IPA serta melakukan pendampingan kedisiplinan siswa supaya hasil belajar IPA siswa dapat meningkat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Kedisiplinan; Hasil Belajar IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:45
Last Modified: 11 Jan 2023 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54977

Actions (login required)

View Item View Item