PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN KEDUNG RINGIN LAMPUNG TIMUR


Ratih Puspa Arum, 1401418044 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN KEDUNG RINGIN LAMPUNG TIMUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418044 - Ratih Puspa Arum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar yaitu dengan pemilihan bahan ajar yang tepat. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan pendidik untuk membantu dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya pada pembelajaran IPS. Adapun tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kebutuhan guru, mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan bahan ajar elektronik interaktif berbasis multimedia dalam peningkatan hasil belajar pada muatan pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Research and Development oleh Borg and Gall dengan menggunakan delapan langkah meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, revisi produk, uji coba produk, revisis produk dan uji coba pemakaian. Adapun model pengembangannya menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap meliputi: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Kedung Ringin Lampung Timur yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: pedoman observasi, pedoman wawancara, daftar pernyataan dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari analisis kelayakan produk, dan analisis data berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian membuktikan bahwa analisis kebutuhan guru menunjukkan bahan ajar elektronik interaktif berbasis multimedia dibutuhkan oleh guru dan layak digunakan dalam pembelajaran. Penilaian validator menyatakan sangat layak. Bahan ajar tersebut juga efektif untuk peningkatan hasil belajar IPS. Simpulan pada penelitian ini yaitu bahan ajar elektronik interaktif berbasis multimedia dibutuhkan oleh guru dan terbukti efektif serta layak digunakan dalam peningkatan hasil belajar IPS. Disarankan bahan ajar elektronik interaktif berbasis multimedia digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Elektronik Interaktif, Multimedia, Hasil Belajar IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:40
Last Modified: 11 Jan 2023 04:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54976

Actions (login required)

View Item View Item